Posting Foto Jokowi dengan Becak, Diduga Anies Bunuh Karakter Jokowi

Posting Foto Jokowi dengan Becak, Diduga Anies Bunuh Karakter Jokowi

Posting Foto Jokowi dengan Becak, Diduga Anies Bunuh Karakter Jokowi

Nampak makin kasat mata Anies Baswedan memainkan strategi populisme untuk menandingi figur Presiden Joko Widodo. Anies yang pernah ikut Konvensi Capres Partai Demokrat tahun 2013 (tapi gagal total, karena yang unggul adalah Dahlan Iskan), tentu masih menyimpan syahwat ingin jadi presiden tahun 2019. Itu sah-sah saja.

Demikian diungkapkan Irwan Julianto, dosen komunikasi Universitas Multimedia Nusantara yang dikutip dari statusnya di Facebook, Rabu (17/1).

Irwan menulis status tersebut untuk mengomentari tindakan Anies Baswedan yang memposting foto Jokowi dengan becak di Tweet @SuaraAnies tanggal 14 Januari 2018 lalu.

“Sebuah kesengajaan buzzer Anies? Tweet dan foto Jokowi dengan becak itu kemudian dicopot oleh admin @SuaraAnies setelah muncul banyak kritik,” kata Irwan dalam statusnya.

Menurut Irwan, foto itu pernah dimuat di majalah Tempo edisi akhir tahun 2008 ketika majalah ini memilih sepuluh kepala daerah yang menonjol prestasinya.

Irwan menambahkan Anies membuat foto Jokowi tersebut adalah meledek atau bahkan membunuh karakter Presiden Jokowi.

Tweet Anies

“Dalam hal foto Jokowi dengan becak di Solo dikaitkan dengan kebijakan Anies mau menghidupkan lagi becak di Jakarta, menurut saya ini adalah jebakan Batman yang licik dan licin. Ketika Jokowi menjadi Gubernur DKI Jakarta 2012-2014, becak tetap dilarang. Ini akan dikontraskan dengan Anies yang probecak. Dan foto Jokowi dengan becak di Solo dijadikan senjata untuk membentuk opini bahwa Jokowi tidak konsisten dan “munafik”. Sementara Anies makin mencitrakan dirinya sebagai figur populis dan pro wong cilik,” ujarnya.

Irwan mengatakan pemuatan foto Jokowi tersebut adalah agenda setting untuk menggerogoti legitimasi Jokowi.

“Semuanya bisa dianalisis dengan ilmu komunikasi, mulai dari semiotika (ilmu tanda), analisis framing, hingga agenda setting. Dan tentu analisis wacana kritis.”

 

 

Baca juga : Soal Becak, Anies: Kota Ini Juga Milik Mereka yang Miskin, Pengamat: Manusia Kok Diperkuda

 

 

Sumber berita Posting Foto Jokowi dengan Becak, Diduga Anies Bunuh Karakter Jokowi : tagar.id