Ransomware WannaCry Juga Serang Perpustakaan Universitas Jember

Ransomware WannaCry Juga Serang Perpustakaan Universitas Jember

Ransomware WannaCry Juga Serang Perpustakaan Universitas Jember

Perpustakaan Universitas Jember, Jawa Timur menjadi salah satu korban serangan virus ransomware jenis WannaCry. Akibat serangan itu, pelayanan perpustakaan dalam jaringan dan manual dihentikan sementara oleh pihak pengelola perpustakaan.

“Saya mendapat informasi terkait dengan serangan virus itu pada Minggu dan awalnya saya menduga bahwa kabar itu bohong. Namun setelah mengecek di perpustakaan, ternyata ada dua komputer yang terkena virus ransomware,” kata Kepala Perpustakaan Universitas Jember Ida Widyastuti, dilansir Antara, Senin (15/5).

Ia mengatakan pihak pengelola perpustakaan terpaksa menghentikan sementara pelayanan peminjaman buku secara manual dan daring untuk mengantisipasi agar virus tersebut tidak semakin menyebar ke jaringan data yang lain.

“Kami langsung mematikan seluruh jaringan koneksi internet dan wifi dari jaringan komputer yang ada di perpustakaan Universitas Jember, kemudian melakukan update untuk sistem aplikasi windows. Semua saran dari Kominfo dan UPT Teknologi Informasi (TI) Universitas Jember dilakukan,” kata dia.

Ida menyebut semua transaksi yang menggunakan jaringan internet juga dihentikan sementara dan melakukan “back up” data penting untuk mengamankan server.

“Kebetulan dua unit PC yang terkena virus Ransomware itu hanya untuk pelayanan peminjaman buku secara daring dan tidak ada data yang penting, namun dua komputer itu sedang diperbaiki,” ujar Ida.

(Baca juga : PEMERINTAH MEMINTA MASYARAKAT TENANG INDONESIA DISERANG TERORIS SIBER)

Pelayanan perpustakaan Universitas Jember diprediksi baru akan kembali normal pada Rabu (17/5) mendatang karena pihak UPT TI akan melakukan perbaikan. Sebagian karyawan di perpustakaan juga sedang dilibatkan dalam pengawasan ujian SBMPTN yang berlangsung pada Selasa (16/5) esok.

Serangan Ransomware Eropa
Serangan virus komputer rumah sakit Inggris

“Besok perpustakaan Unej akan tutup karena seluruh karyawan perpustakaan menjadi pengawas ujian SBMPTN, sehingga akan digunakan semaksimal mungkin untuk melakukan maintenance TI di perpustakaan Universitas Jember,” kata dia.

Wallpaper WannaCry (NOT COVER)
Wallpaper komputer yang terinfeksi WannaCry.

Wakil Rektor I Bidang Akademik Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Jember Zulfikar mengatakan komputer yang terserang virus di perpustakaan adalah client, bukan server, sehingga tidak ada data penting dalam komputer tersebut.

“Dua unit komputer yang terserang virus langsung diisolasi dan dimatikan, agar tidak menyebar ke jaringan lain. Untuk mengantisipasi agar virus itu tidak menyebar melalui server induk, maka semua jenis pelayanan Perpustakaan berbasis daring dihentikan sementara,” ucap dia.

 

Sumber Berita Ransomware WannaCry Juga Serang Perpustakaan Universitas Jember : Kumparan.com