Reaksi Warga Korea Selatan Saat Presiden Moon Disambut oleh Jokowi di Indonesia

Reaksi Warga Korea Selatan Saat Presiden Moon Disambut oleh Jokowi di Indonesia

Reaksi Warga Korea Selatan Saat Presiden Moon Disambut oleh Jokowi di Indonesia

Presiden Joko Widodo sore ini, Kamis (9/11), menerima kunjungan Presiden Korea Selatan, Moon Jae-In di Istana Bogor, Jawa Barat. Ini merupakan kunjungan perdana Moon ke Indonesia sejak dilantik menjadi Presiden Korea Selatan.

Kedatangan Moon ke Istana Bogor juga menyisakan cerita menarik. Tidak hanya momen ketika Jokowi memayungi Moon, keduanya kemudian melanjutkan acara dengan blusukan ke Bogor Trade Mall (BTM) yang lokasinya tidak jauh dari Istana Negara.

Jokowi dan Presiden Korsel Moon Jae-in

Jokowi dan Presiden Korsel Moon Jae-in (Foto: ANTARA/Puspa Perwitasari)

Kedatangan Jokowi dan Moon di BTM mendapatkan sambutan yang hangat dari para pedagang di sana. Lewat akun Twitter resmi pemerintah Korea Selatan @TheBlueHouseKR. Lewat sebuah video dan beberapa foto, ditunjukkan betapa antusiasnya warga melihat kedua pemimpin itu berkeliling BTM.

“Presiden Moon Jae-In yang pada hari ini mengunjungi Bogor Trade Mall bersama Presiden Joko Widodo disambut dengan hangat. Presiden Jokowi bahkan memberikan hadiah kepada Presiden Moon, yaitu pakaian tradisional Indonesia, Batik.” tulis @TheBlueHouseKR lewat akun Twitternya.

Tidak hanya itu, dituliskan Jokowi dan Moon sempat berbelanja batik. Jokowi pun memilihkan batik untuk Moon, dan mereka juga terlihat membeli jus apel.

Kegiatan hari ini langsung mendapatkan respons positif dari warganet Korea Selatan. Mereka memuji sambutan hangat yang diberikan masyarakat Indonesia kepada Moon.

“Sangat menyenangkan melihat keduanya,” tulis akun @lalapesto.

“Karena K-Pop sangat terkenal di Indonesia makanya mereka menyambut presiden kita dengan sangat hangat. Terima kasih, warga Indonesia,” tulis akun @bleuchatte.

“Melihatnya membuatku tidak bisa berhenti tersenyum. Aku jadi menyukai Indonesia,” ujar akun @luv_poppydoggy.

“Presiden Indonesia terlihat seperti Presiden Obama dan Presiden Choi Moon-Soon,” puji akun @blowchip.

Dalam pertemuan hari ini, Jokowi dan Moon membahas sejumlah hal. Seperti situasi di Semenanjung Korea dan penguatan kerja sama ekonomi.

Jokowi dan Presiden Korsel Moon Jae-in

Jokowi dan Presiden Korsel Sepakat Genjot Perdagangan Hingga Rp 405 T

Pemerintah Indonesia dan Korea Selatan sepakat untuk memperkuat kerja sama di bidang ekonomi. Hal ini sejalan dengan pertemuan bilateral antara Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dengan Presiden Jokowi yang dilakukan hari ini di Istana Bogor, Jawa Barat.

Presiden Moon menjelaskan, kedua negara sepakat untuk memperkuat kerja sama ekonomi yang didasari oleh pertumbuhan ekonomi yang bersifat toleran dan lebih mementingkan rakyat.

Selain itu, kedua negara juga akan menargetkan nilai perdagangan hingga 30 miliar dolar AS atau sekitar Rp 405 triliun (kurs Rp 13.500) hingga 2022.

Jokowi dan Presiden Korsel Moon Jae-in

Jokowi dan Presiden Korsel Moon Jae-in (Foto: ANTARA/Puspa Perwitasari)

“Kami telah menyepakati juga, meningkatkan jumlah perdagangan ditargetkan 30 miliar‎ dolar AS sampai 2022. Jumlahnya dua kali lipat dari sekarang,” ujar Moon di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (9/11).

Lebih lanjut Moon mengatakan, kedua belah pihak juga akan bekerja sama dengan memprioritaskan pembangunan infrastruktur, seperti air, transportasi, dan listrik.

“Kedua negara juga telah bersepakat untuk meningkatkan kerja sama di bidang otomotif, pariwisata, industri konten, energi ramah lingkungan dan lingkungan hidup,” katanya.

Presiden Negara Ginseng tersebut juga menuturkan bahwa kedua negara akan mendukung kegiatan UKM. Sebab, menurut Moon, UKM yang sehat akan mendorong pendapatan keluarga.

“Dengan pengertian bahwa UKM sehat akan mendorong penghasilan keluarga, lalu hal itu akan menjadi fondasi pertumbuhan ekonomi toleran. Maka kedua negara akan mencari cara bersama untuk mendukung kegiatan UKM,” jelasnya.

 

Sumber Berita Reaksi Warga Korea Selatan Saat Presiden Moon Disambut oleh Jokowi di Indonesia : Kumparan.com, Kumparan.com