Saksi Sidang Buni Yani Khawatir Caption di FB Bikin Gaduh, dan Itu Terbukti

Saksi Sidang Buni Yani Khawatir Caption di FB Bikin Gaduh, dan Itu Terbukti

Saksi Sidang Buni Yani Khawatir Caption di FB Bikin Gaduh, dan Itu Terbukti

Nong Darol Mahmada menyebut caption yang dicantumkan Buni Yani dalam posting-an video Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di laman Facebook memicu kegaduhan. Darol menyampaikan itu ketika bersaksi dalam sidang lanjutan perkara dugaan pelanggaran Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) dengan terdakwa Buni Yani.

Awalnya, jaksa menanyakan kegaduhan di media sosial seperti apa yang disebut Darol terkait dengan caption itu. Darol menyebut kegaduhan yang muncul adalah respons atas status Buni Yani itu.

“Kegaduhan pertama menanggapi respons status Buni Yani. Potongan video juga tersebar di WA group. Kemudian siangnya itu viral dan masuk media mainstream. Setelah itu, banyak kejadian laporan-laporan berdasarkan potongan video itu,” kata Darol dalam sidang yang digelar di kantor Badan Arsip dan Perpustakaan Daerah, Jalan Seram, Kota Bandung, Jawa Barat (Jabar), Selasa (25/7/2017).

“Apa bunyi atau tanggapan masyarakat?” tanya jaksa.

Darol menyebut posting-an itu lalu memicu banyak laporan dan aksi di Jakarta. “Adanya laporan ke polisi kemudian di Jakarta adanya aksi dengan tuduhan penistaan agama ini,” jawab Darol.

Darol lalu ditanya jaksa apa yang membuatnya peduli terhadap caption atau posting-an Buni Yani. Darol mengaku dia khawatir posting-an itu menciptakan kegaduhan.

“Saya khawatir isi atau caption dari Buni Yani. Mulai dari kata-kata ‘penistaan agama’ dan kalimat terakhirnya di caption ‘akan menjadi masalah’. Dan terbukti menjadi gaduh. Karena nama atau istilah penistaan agama di negeri kita sensitif. Padahal kalau nonton secara utuh, tidak ada masalah,” ucap Darol.

Bukti cetak halaman akun Facebook Buni Yani, Rabu (23/11/2016)

Itulah Postingan Buni Yani yang menjadi gaduh dan banyaknya demo berjilid-jilid yang akhirnya memenjarakan Ahok atau Basuki Thahaja Purnama.

Dan postingan itu pula yang menyeret Buni Yani menjadi tersangka karena pelanggaran Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE)

 

 

Baca juga : Buni Yani Akan Laporkan Balik Saksi Pelapor

 

 

Sumber cerita Saksi Sidang Buni Yani Khawatir Caption di FB Bikin Gaduh, dan Itu Terbukti : detik