Setya Novanto Harus Serahkan Diri Malam Ini, Juga Sudah Ada Sayembara Berhadiah

Setya Novanto Harus Serahkan Diri Malam Ini, Juga Sudah Ada Sayembara Berhadiah

Setya Novanto Harus Serahkan Diri Malam Ini, Juga Sudah Ada Sayembara Berhadiah

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengultimatum Ketua DPR Setya Novanto agar menyerahkan diri malam ini. Sejumlah tokoh pun meminta Novanto menyerahkan diri. Ini berbagai alasan yang mendasarinya.

KPK hingga sore ini terus memburu keberadaan Setya Novanto. Keberadaannya tidak diketahui sejak penyidik KPK menggeledah rumahnya pada Rabu (15/11/2017) malam.

“Proses pencarian terus kami lakukan,” kata juru bicara KPK Febri Diansyah dalam jumpa pers di gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (16/11). Proses pencarian Novanto termasuk dengan memeriksa CCTV yang mereka sita dari rumah Novanto saat penggeledahan pada Rabu (15/11) kemarin.

Febri mengingatkan Novanto bahwa ada kewajiban hukum untuk datang memenuhi panggilan penyidik KPK. Dia pun memberi tenggat. “Akan lebih baik sore atau sebelum malam ini ada iktikad baik dari Setya Novanto menyerahkan diri ke KPK,” ujarnya.

Jika sampai malam ini Setya Novanto tak datang, KPK akan langsung menggelar rapat untuk membahas status daftar pencarian orang (DPO) bagi Ketua Umum Partai Golkar itu. Dengan begitu, Novanto akan dicari ‘ramai-ramai’ oleh KPK dan Polri.

“DPO itu yang masih dalam proses, kita menunggu jeda yang cukup. Sesuai dengan KUHAP. Jika tidak datang, DPO bisa dikeluarkan dengan berkoordinasi dengan Polri,” kata Febri seraya menyebut Polri bersikap sangat kooperatif.

Mengapa Setya Novanto Harus Serahkan Diri Malam Ini

Ilustrasi Setya Novanto (Edi Wahyono/detikcom)

Sayembara Berhadiah Rp 10 Juta untuk Temukan Setya Novanto

Ketua Umum Golkar Setya Novanto kini tengah dicari keberadaannya. Tersangka kasus korupsi e-KTP itu menghilang sebelum KPK menyambangi rumahnya pada Rabu (16/11).

Untuk mencari Setya Novanto, Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman mengadakan sayembara. Boyamin mengatakan akan memberi hadiah Rp 10 juta bagi masyarakat yang memberikan informasi valid tentang keberadaan Setya Novanto.

“Barang siapa dapat memberikan informasi valid keberadaan Setya Novanto kepada KPK atau kepolisian atau aparat penegak hukum lainnya sehingga KPK dapat melakukan penangkapan atas Setya Novanto, maka saya akan memberikan hadiah kepadanya uang sejumlah Rp 10.000.000,” tulis Boyamin dalam sayembara itu pada Kamis (16/11).

Dia menjelaskan hadiah uang itu telah disiapkan dan di rekening khusus. Boyamin akan menyiapkan surat kuasa untuk pemenang sayembara.

“Selanjutnya mulai besok rekening tersebut akan saya umumkan kepada khalayak untuk diberikan kesempatan kepada pihak lain untuk menambahnya (hadiah). Jika rekening tersebut bertambah berapapun akan menjadi hak penerima hadiah,” kata dia.

Image result for Boyamin Bin Saiman

Boyamin Bin Saiman selaku koordinator MAKI

Berikut sayembara lengkap yang diadakan Boyamin:

PENGUMUMAN SAYEMBARA

BARANG SIAPA DAPAT MEMBERIKAN INFORMASI VALID KEBERADAAN SETYA NOVANTO, MAKA AKAN DAPAT HADIAH UANG Rp. 10 JUTA.

Sebagaimana diketahui , KPK semalam melakukan upaya penangkapan thd Setya Novanto dirumahnya namun masih gagal sampai saat ini.

Untuk itu, Saya Boyamin Bin Saiman selaku koordinator MAKI membuat sayembara:

Barang siapa dapat memberikan informasi valid keberadaan Setya Novanto kepada KPK atau Kepolisian atau aparat penegak hukum lainnya sehingga KPK dapat melakukan penangkapan atas Setya Novanto maka Saya akan memberikan hadiah kepadanya uang sejumlah Rp. 10.000.000,- (sepuluh juta rupiah).

Uang ini sudah Saya siapkan dalam rekening khusus dan sudah Saya siapkan surat kuasa kepada yang berhak menerima hadiah.

Selanjutnya mulai besok rekening tersebut akan Saya umumkan kepada khalayak untuk diberikan kesempatan kepada pihak lain untuk menambahnya. Jika rekening tersebut bertambah berapapun akan menjadi hak penerima hadiah.

Pengumuman ini sekaligus bukti valid untuk mengajukan klaim tanpa syarat apapun bagi orang yg berhak menerima hadiah.

Hadiah ini hanya berlaku bagi satu orang atau satu kelompok yg memang informasinya valid dan menjadikan KPK dapat menangkap Setya Novanto.

Sekian dan trims.

Denpasar, 16 November 2017

Boyamin Bin Saiman

Koordinator Perkumpulan Masyarakat Anti Korupsi Indonesia ( MAKI).

 

(Baca juga: SETYA NOVATNO MENGHILANG, PANSUS ANGKET KPK RAPAT DENGAN FAHRI HAMZAH)

(Baca juga: 1×24 JAM NOVANTO WAJIB DATANG KE KPK, YANG SEMBUNYIKAN DIANCAM PIDANA)

 

Sumber Berita Setya Novanto Harus Serahkan Diri Malam Ini, Juga Sudah Ada Sayembara Berhadiah : Detik.com, Kumparan.com