Siswa SD Bacakan Puisi agar Dapat Sepeda dari Jokowi

Siswa SD Bacakan Puisi agar Dapat Sepeda dari Jokowi

Siswa SD Bacakan Puisi agar Dapat Sepeda dari Jokowi

Kegemaran Presiden Joko Widodo membagikan sepeda setiap blusukan, menginspirasi siswa SD untuk membuat puisi. Dalam kunjungan kerjanya ke Wonosobo, Jawa Tengah, Jokowi mendapat hadiah puisi pelajar kelas 3 SD bernama Irawan.

Berikut puisi hasil karya Irawan yang dibacakan di depan Jokowi saat penyerahan Kartu Indonesia Pintar (KIP) di Gedung Sasana Adipura, Wonosobo:

Aku suka bermain sepeda setiap hari
Bermain bersama teman-temanku
Dan aku membeli sepeda
Aku bermain sepeda di halaman rumahku
Dan aku bermain sepeda kalau tidak hujan
Setelah bermain sepeda aku tidur
Dan aku makan
Dan aku mandi
Setelah mandi aku ganti baju
Jokowi memuji keberanian Irawan. Dia kemudian dihadiahi sepeda.
Jokowi bagikan KIP di Wonosobo
Jokowi bagikan KIP di Wonosobo

“Pinter sekali, sudah sepedanya diambil. Puisinya pinter banget, biar dapat sepeda, puisinya aku main sepeda,” kata Jokowi, Sabtu (17/6).

Pelajar lainnya yang juga menunjukkan kebolehannya adalah Muhammad Riki dengan penampilan pencak silatnya dan Nabila yang memiliki keahlian menyanyikan tembang macapat. Keduanya juga mendapat hadiah sepeda.

Jokowi bagikan KIP di Wonosobo
Jokowi bagikan KIP di Wonosobo

Adapun Kartu Indonesia Pintar yang dibagikan adalah sebanyak 1054 kartu. Sebanyak 432 kartu dibagikan untuk siswa SD, 141 kartu untuk siswa SMP, 132 kartu untuk siswa SMA dan 239 kartu untuk siswa SMK. Untuk Paket A dan Paket B masing-masing mendapat 5 kartu dan 15 kartu.

Para pelajar SD diberi dana bantuan sebesar Rp 450 ribu per tahun, sedangkan SMP Rp750 ribu. Sementara untuk siswa SMA atau SMK, diberikan dana bantuan sebesar Rp1 juta.

Jokowi bagikan KIP di Wonosobo
Jokowi bagikan KIP di Wonosobo

Dana tersebut hanya boleh digunakan untuk membeli keperluan sekolah seperti sepatu, seragam sekolah dan tas sekolah. “Beli pulsa boleh ndak? Tidak boleh. Kalau nanti ketahuan ada yang beli pulsa, kartunya dicabut. Janjian ya,” tutur Jokowi.

Jokowi mengingatkan agar para siswa rajin belajar. Dia juga mengingatkan, dalam 10-20 tahun mendatang persaingan antar negara akan semakin ketat. “Sekali lagi saya berharap semua belajar dengan baik. Jangan mau kalah dengan teman-teman kita dari negara lain,” katanya.

Turut mendampingi Jokowi dalam acara tersebut, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

https://youtu.be/PUJ2xmG1ljE

 

Sumber Berita Siswa SD Bacakan Puisi agar Dapat Sepeda dari Jokowi : Kumparan.com, Cnnindonesia.com