Sukmi, TKI Asal Lebak 22 Tahun Kerja Disekap dan Tak Digaji di Saudi

Sukmi, TKI Asal Lebak 22 Tahun Kerja Disekap dan Tak Digaji di Saudi

Sukmi, TKI Asal Lebak 22 Tahun Kerja Disekap dan Tak Digaji di Saudi

Selama 22 tahun Sukmi binti Sardi Umar menjadi Tenaga Kerja Indonesia di Arab Saudi. Selama itu pula ia disekap majikan dan putus komunikasi dengan keluarga di Lebak. Baru pada Sabtu, 15 Juli 2017 kemarin, Sukmi berhasil dipulangkan dan mendapatkan kompensasi gaji sebanyak setengah miliar.

Cerintanya, Sukmi berangkat ke Arab Saudi sekitar tahun 1995. Waktu itu paspor Sukmi masih ditulis manual dengan alamat Lebak, Sukabumi karena provinsi Banten belum terbentuk. Begitu sampai ke Timur Tengah, Sukmi tidak ada kabar dan terputus komunikasi dengan keluarga. Sampai akhirnya keluarga di Lebak melaporkan ke Balai Pelayanan Penempatan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Serang.

“Ada pengaduan dari keluarga karena putus komunikasi, tim KBRI Riyadh makanya menindaklanjuti,” kata Bajongga Aprianto dari Kepala Seksi Perlindungan dan Pemberdayaan BP3TKI Serang saat berbincang dengan detikcom, Mingggu (16/7/2017).

Sukmi berkerudung merah saat tiba di Bandara Soekarno-Hatta (15/7). Foto: Istimewa

Begitu Sukmi ditemukan oleh KBRI, ternyata ia tidak dibayar selama 22 tahun bekerja di Arab Saudi. Selain itu, Sukmi juga sedikit tertekan dan dalam kondisi depresi karena terlalu lama bekerja sebagai TKI dan disekap. Sampai Sukmi diselamatkan tim KBRI lalu melakukan negosiasi dengan majikan dan akhirnya mau membayar gaji sebanyak Rp 586.600.000 juta.

“(Kondisi Sukmi) depresi kesulitan bahasa Indonesia. Dia pendiam juga sih,” katanya.

Berhasil mendapatkan kompensasi gaji yang selama 22 tahun tidak dibayarkan, Sukmi kemudian dipulangkan. Hasil dari gaji itu digunakan untuk membeli tiket pulang ke Lebak. Sukmi juga diminta agar membuat rekening untuk menampung sisa upahnya yang saat ini dipegang oleh pihak KBRI.

“Posisi tiket ditangung TKI bersangkutan. Ada sisa gaji yang masih dipegang KBRI kita sudah bilang ke keluarga, agar sesampainya di sana (Lebak) membentuk tabungan dan bisa mengirimkan sisa gajinya,” ucap Bajongga.

Menurut Bajongga, begitu Sukmi sampai ke Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta pukul 14.00 WIB, ia lalu disambut oleh keluarga dan langsung dibawa ke Lebak, Banten. Suasana haru sempat menyelimuti keluarga karena selama 22 tahun tidak pernah ada kabar dari Sukmi yang menjadi TKI.

 

Baca juga : Dato Sri Tahir Segera Bantu Pulangkan 20 TKI Bermasalah di Yordania

 

 

Sumber berita Sukmi, TKI Asal Lebak 22 Tahun Kerja Disekap dan Tak Digaji di Saudi : detik