Tak Tahu Dirinya Didemo, Fadli Zon: Mungkin Mereka Kurang Baca…

Tak Tahu Dirinya Didemo, Fadli Zon: Mungkin Mereka Kurang Baca...

Tak Tahu Dirinya Didemo, Fadli Zon: Mungkin Mereka Kurang Baca…

Ratusan mahasiswa Universitas Indonesia (UI), Kamis (5/10) kemarin melakukan demonstrasi di depan Gedung DPR. Para mahasiswa itu mendesak agar Pansus Hak Angket KPK yang sudah habis masa tugasnya dibubarkan.

Dalam orasinya, mereka menyoroti sikap Wakil Ketua DPR asal UI yaitu Fahri Hamzah dan Fadli Zon yang dinilai mendukung Pansus Angket KPK. Apa reaksi Fadli Zon?

“Didemo? Saya enggak tahu tuh bahwa saya didemo,” kata Fadli di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (6/10).

Demo Mahasiswa UI di Gerbang Masuk Gedung DPR

Menurut Fadli, para mahasiswa yang mendemo dirinya itu salah informasi. Sebab, selama ini dirinya dan Fraksi Partai Gerindra tidak pernah mendukung Pansus Hak Angket atau pelemahan KPK.

Fadli menganggap mahasiswa yang berdemonstrasi itu, kurang melek informasi.

“Ya berarti mereka salah info aja, saya enggak pernah tuh mendukung pansus sebagai anggota Fraksi Gerindra kita malah menolak. Mungkin mereka kurang baca kali ya,” cetusnya.

Fadli memang diketahui alumni Universitas Indonesia. Pada tahun 1997 ia menyelesaikan pendidikan sarjanannya di jurusan Sastra Rusia, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia (UI).

Semasa kuliah, ia aktif di berbagai organisasi intra kampus maupun ekstra kampus, antara lain pernah menjadi Ketua Biro Pendidikan Senat Mahasiswa FSUI (1992-1993), Sekretaris Umum Senat Mahasiswa FSUI (1993), Ketua Komisi Hubungan Luar Senat Mahasiswa UI (1993-1994).

Fadli juga berkali-kali memimpin demonstrasi mahasiswa UI dalam isu-isu nasional dan internasional. Ia ikut memimpin jaringan aktivis mahasiswa di Jawa dan mengusung gagasan ”Gerakan Mahasiswa 1990-an”.

Selain mendukung ”parlemen jalanan,” ia juga turut membentuk dan menghidupkan kelompok-kelompok studi di dalam kampus UI era awal 1990-an. Sedangkan Untuk kegiatan budaya, ia bergabung dengan Teater Sastra UI.Dia mendapatkan Gelar Doktor di Program Studi Sejarah FIB UI. Fadli Zon juga aktif menjadi pengajar di almamaternya, FIB UI.

Demo Mahasiswa UI di Gerbang Masuk Gedung DPR

Sementara demonstrasi itu digelar kemarin sore di depan gedung DPR. Para mahasiswa berjaket kuning itu mengkritisi Pansus Hak Angket KPK yang dibentuk oleh DPR. Nah, dalam orasinya, mereka menyinggung dua tokoh Alumni UI yang duduk di jajaran pimpinan DPR, yaitu Fahri Hamzah dan Fadli Zon yang dianggap mendukung Pansus KPK.

“Kami dengan sangat tegas menolak segala bentuk upaya pelemahan agenda pemberantasan korupsi di Indonesia,” kata Ketua BEM UI Muhammad Syaeful Mujab.

“Kami khususkan buat dua orang alumni kami yang duduk di jajaran pimpinan DPR Fahri Hamzah dan Fadli Zon.

Mereka selama ini menunjukan dukungan kepada Pansus Angket KPK. Ini sebagai langkah lain kami setelah pernah menggelar RDP dengan pansus angket KPK,” lanjutnya.

Sebagaimana diketahui, Pansus Hak Angket KPK memang sudah habis masa kerjanya pada Selasa (26/9) lalu. Namun mereka tetap melanjutkan kerja untuk menyusun rekomendasi. Bahkan mereka akan kunker ke Medan, Riau dan Jatim untuk cek barang sitaan KPK.

Pansus ini disahkan dan diterima laporannya oleh Fahri Hamzah di sidang paripurna. Baik pengesahan maupun laporannya, menuai kegaduhan di antara fraksi. Selain Gerindra, Demokrat dan PKB juga menolak Pansus KPK.

 

 

Baca juga : Fahri Hamzah dan Fadli Zon di Demo Mahasiswa UI Terkait Dukung Pansus KPK

 

 

Sumber berita Tak Tahu Dirinya Didemo, Fadli Zon: Mungkin Mereka Kurang Baca… : kumparan