Tanggapan Menarik dari Fredrich Yunadi Terkait Kondisi Setya Novanto

Tanggapan Menarik dari Fredrich Yunadi Terkait Kondisi Setya Novanto

Tanggapan Menarik dari Fredrich Yunadi Terkait Kondisi Setya Novanto

Pengacara Setya Novanto, Fredrich Yunadi mengatakan kliennya masih lemah. Ketua DPR itu terus tidur di atas ranjangnya.

“Hari ini masih belum pulih, masih lemah. Jadi beliau juga tidur terus, saya mesti tunggu beliau bangun dulu ya,” kata Fredrich saat diwawancarai wartawan di RSCM Kencana, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Sabtu (18/11/2017).

“Beliau tadi tidur terus nggak bangun-bangun,” ujar Fredrich. Dia menyebut Ketua Umum Partai Golkar itu hanya bangun sesekali untuk buang air kecil. Dia sendiri tidak berani membangunkan saat Novanto tidur.

Ditanya Pengacara, Setya Novanto Bilang Aku Masih Lemes
Pengacara Setya Novanto, Fredrich Yunadi (Rengga Sancaya/detikFoto)

Novanto menurut Fredrich saat ini hanya ditunggui ajudan. Istri Setya Novanto, Deisti Astriani Tagor, tidak ada di lokasi.

Fredrich menjenguk Novanto sejak siang tadi, sekitar pukul 12.30 WIB. Dia baru keluar sekitar pukul 16.30 WIB sore ini.

Viral soal Infus Novanto, Pengacara: Dia Kan Memang Bayi

Infus yang dipasang di tangan Setya Novanto jadi sorotan karena posting seorang dokter. Infus untuk Novanto sebelum dipindahkan ke RSCM dinilai untuk bayi. Apa respons pengacara?

“Ya boleh ajalah, karena kan dia kan memang bayi. Kan dia sendiri kan bayi,” kata Fredrich kepada wartawan di depan RSCM Kencana, Jl Diponegoro, Jakarta Pusat, Sabtu (18/11/2017).

Fredrich tak mau bicara lebih jauh soal kondisi medis kliennya. Dia menyerahkan keterangan soal kondisi medis Novanto kepada dokter.

Sebelumnya, muncul sebuah posting-an yang mengungkap adanya kejanggalan soal jarum infus politikus Setya Novanto sebelum dipindahkan dari Rumah Sakit Pertama Hijau ke Rumah Sakit Cipto Mangungkusumo (RSCM).

https://www.facebook.com/drwahyudrw/posts/1503857873028683

Lewat keterangan foto yang beredar, akun Facebook bernama dr Wahyu Triasmara (Dokter Sahabat Anda) menyebut jarum infus yang digunakan Novanto adalah jarum suntik untuk bayi atau anak-anak.

“Kami doakan semoga Bapak Setnov lekas sembuh dari musibah yg beliau alami. Hanya saran sedikit buat tmn2 sejawat yg bertugas merawat beliau mungkin jarum infusnya perlu diganti utk yg dewasa karena setahu kami yg dipakai kami lihat seperti utk bayi/anak. Saya yakin rumah sakit sebesar itu punya stok jarum infus utk dewasa ?,” tulis dr Wahyu.

“Maaf bapak pengacara bapak polisi saya tidak ada unsur menghina disini justru mendoakan pak Setnov dan mengingatkan penggunaan abocath infus yg barangkali kurang pas aplikasinya. ??,” lanjutnya lagi yang ia tulis di kolom komentar.

Posting-an yang diunggah pada 17 November tersebut menjadi viral dan mengundang berbagai reaksi pengguna lainnya. Ada yang pro, ada yang kontra. Namun ada pula yang menanggapi posting-an itu dengan candaan.
(tor/tor)

Ditanya Pengacara, Setya Novanto Bilang ‘Aku Masih Lemes’

Setya Novanto, tersangka kasus dugaan korupsi megaproyek e-KTP, masih terbaring di RSCM Kencana, Jakarta Pusat. Ketua DPR itu lebih banyak tidur.

“Beliau tadi tidur terus nggak bangun-bangun. Saya nggak berani bangunin,” kata pengacaranya, Fredrich Yunadi, saat diwawancarai wartawan di RSCM Kencana, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Sabtu (18/11/2017) sore.

Pengacara: Setya Novanto Tidur Terus, Nggak Bangun-bangun
Setya Novanto saat dipindahkan ke RSCM (Foto: Faiq Hidayat/detikcom)

Dijelaskan Fredrich, karena Novanto lebih banyak tidur, dia pun hanya menunggu. Novanto hanya sesekali bangun untuk buang air kecil.

“Baru kemudian beliau mau buang air kecil bangun sebentar. Saya tanya, ‘Gimana Pak (kondisi, red)’, ‘Aku masih lemes’,” ujar Fredrich menirukan jawaban Novanto.

Menurut Fredrich, Novanto hanya ditunggui ajudan di dalam kamar. Istri Novanto, Deisti Astriani Tagor, tidak ada di lokasi.

Pengacara: Setya Novanto Ngorok Terus, Tak Ada yang Berani Bangunin

Pengacara Ketua DPR Setya Novanto, Fredrich Yunadi, menjelaskan soal kondisi kliennya selama dirawat di RSCM Kencana, Jakarta, dalam pengawasan KPK. Dia mengatakan Novanto selalu tidur dan tak ada yang berani membangunkan.

“Dia itu tidur melulu, kagak pernah bisa bangun. Saya nggak tahu kenapa. Iya, terus tidur terus, ngorok terus, gitu aja,” kata Fredrich saat ditemui wartawan di RSCM Kencana, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Sabtu (18/11/2017) sore.

Pengacara: Setya Novanto Ngorok Terus, Tak Ada yang Berani Bangunin
Foto: Rengga Sancaya/detikcom

Fredrich sendiri mengaku tidak berani membangunkan kliennya tersebut jika tidur. Bahkan, kata Fredrich, dokter yang hendak memeriksa Novanto juga tidak berani membangunkan.

“Beliau itu tidur, jadi kan saya harus tunggu sampai beliau siuman, sampai beliau bangun. Nggak ada yang berani bangunin dia. Dokter aja kan katanya tadi pagi-pagi datang, nggak berani bangunin, cuma memeriksa saja,” katanya.

Terkait dengan kondisi kesehatan Novanto, Fredrich tak mau menjelaskan. Menurutnya, hal itu harus dijelaskan dokter atau pihak rumah sakit.

“Kalau soal sakit tanya rumah sakit, jangan ke saya,” katanya.

Soal Benjol Bakpao Setya Novanto, Pengacara: Masih Diperban

Kuasa Hukum Ketua DPR Setya Novanto, Fredrich Yunadi sempat mengatakan kliennya mendapatkan benjolan sebesar bakpao usai mengalami kecelakaan mobil. Beberapa hari berlalu, seperti apa benjolan ‘bakpao’ Novanto tersebut?

“Ya saya kan nggak tahu ya, kepalanya kan masih diperban,” kata Fredrich saat ditemui wartawan usai dirinya menjenguk Setya Novanto di RSCM Kencana, Jakarta Pusat, Sabtu (18/11/2017).

Fredrich tidak mau memberi penjelasan soal penanganan medis yang diterima Novanto, karena baginya itu bukan kewenangannya. Dia hanya bicara soal Novanto yang lebih banyak tidur di atas ranjang.

“Dia itu tidur melulu, kagak pernah bisa bangun. Saya nggak tahu kenapa. Iya, terus tidur terus, ngorok terus, gitu aja,” kata Fredrich. Menurutnya, dia atau bahkan dokter tidak ada yang berani membangunkan Novanto dari tidur.

Anak Buah Fredrich Yunadi Teliti Meme-meme Terkait Setya Novanto
Foto: Rengga Sancaya/detikcom

Novanto menurutnya hanya sekali bangun untuk ke toilet. “Baru kemudian beliau mau buang air kecil bangun sebentar. Saya tanya, ‘Gimana Pak (kondisi-red), ‘Aku masih lemes’,” ujar Fredrich menirukan jawaban Novanto.

Novanto mengalami kecelakaan mobil pada Kamis (16/11) malam di Jalan Permata Berlian 1, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Mobil Toyota Fortuner yang dia tumpangi menabrak tiang lampu penerang jalan.

Sesaat setelah kecelakaan, Novanto langsung dilarikan ke RS Medika Permata Hijau dan dirawat. Fredrich menjelaskan, saat kecelakaan kliennya itu mendapat benjolan besar di sekitar kening dan muka. Tak hanya itu, pipi dan lengannya disebut juga mengalami luka.

“Terus langsung panggil dokter untuk MRI. Urgen masih tidur dan diperban lukanya. Benjol besar kepalanya, tangannya berdarah semua,” ujar Fredrich di RS Permata Hijau, Jaksel, Kamis (16/11/2017).

“Benjol seperti bakpao,” tambahnya.

 

(Baca juga: DAFTAR KEHEBATAN FREDRICH SAMPAI KASUS MEMALUKAN DENGAN ANAK SENDIRI)

 

Sumber Berita Tanggapan Menarik dari Fredrich Yunadi Terkait Kondisi Setya Novanto : Detik.com, Detik.com, Detik.com, Detik.com, Detik.com