Tersangka Baru Pelaku Terkait Saracen di Pekanbaru Dibawa ke Jakarta

Tersangka Baru Pelaku Terkait Saracen di Pekanbaru Dibawa ke Jakarta

Tersangka Baru Pelaku Terkait Saracen di Pekanbaru Dibawa ke Jakarta

Polisi menangkap satu pelaku baru terkait sindikat penyebar SARA di media sosial grup Saracen. Usai diamankan, pelaku berinisial MAH langsung dibawa ke Jakarta.

“Iya ada satu, pria inisialnya MAH, Muhamad Abdulah Harsono,” kata Kabid Humas Polda Riau, Kombes Guntur Aryo Tejo, ketika dihubungi detikcom, Rabu (30/8/2017).

Ia mengatakan MAH ditangkap di kediamannya pada hari ini sekitar pukul 06.00 WIB. MAH ditangkap di Jalan Bawal, Kecamatan Marpoyan Damai, Pekanbaru, Riau.

Kemudian MAH pun diamankan ke Ditreskrimsus Polda Riau. MAH sempat diinterogasi oleh tim penyidik Direktorat Tipidsiber Bareskrim Polri.

“Saya hanya bisa membenarkan tadi benar ada penangkapan tadi sekitar jam 06.00 WIB pagi. Lalu diinterogasi dulu untuk pengembangannya. Ini kaitan dengan UU ITE dari kelompok Saracen,” ungkap Guntur.

Related image
Kabid Humas Polda Riau, Kombes Guntur Aryo Tejo

Setelah diinterogasi, MAH dibawa ke Jakarta sekitar pukul 17.00 WIB. Dia dibawa oleh tim penyidik.

“Tadi sore sekitar jam 17.00 WIB dibawa terbang ke Jakarta. Dibawa oleh tim satgas dari Mabes Polri,” ungkap Guntur.

Dalam kasus ini, polisi telah menetapkan tiga orang sebagai tersangka, yakni Jasriadi, Sri Rahayu, dan Muhammad Faizal Tonong. Ketiganya diduga menyebarkan ujaran kebencian melalui media sosial berdasarkan motif ekonomi dengan mengajukan proposal kepada pihak pemesan jasa senilai puluhan juta.

Kelompok Saracen diketahui ‘menjual’ jasa produksi dan penyebaran berita palsu di media sosial. Harga yang dipatok beragam, mulai dari Rp 72 juta sampai dengan Rp 100 juta untuk setiap paket yang ditawarkan.

Sebelumnya polisi telah berhasil menangkap tiga orang tersangka terkait kasus Saracen. Ketiganya sudah menjadi tahanan Bareskrim Polri di Polda Metro Jaya, Jakarta.

Pemeriksaan terkait jaringan Saracen di seluruh Indonesia masih akan terus dilakukan polisi. Termasuk memeriksa tiga kelompok lain yang diduga berperan dalam ‘perdagangan’ hoax oleh Saracen. Tiga kelompok itu adalah kelompok inti, kelompok pendukung dan pengiku yang beraktivitas di dunia maya.

https://www.facebook.com/Maklambeturah/posts/830525850453544

 

Sumber Berita Tersangka Baru Pelaku Terkait Saracen di Pekanbaru Dibawa ke Jakarta : Detik.com