Tersindir Ucapan Kapolri, Fadli Zon Bantah Isu Rohingya untuk Serang Jokowi

Tersindir Ucapan Kapolri, Fadli Zon Bantah Isu Rohingya untuk Serang Jokowi

Tersindir Ucapan Kapolri, Fadli Zon Bantah Isu Rohingya untuk Serang Jokowi

Wakil Ketua DPR Fadli Zon menampik tudingan Kapolri Jenderal Tito Karnavian yang menuding ada pihak-pihak yang sengaja mengemas isu Rohingya untuk menggoyang pemerintah Jokowi-JK. Fadli menilai krisis Rohingnya merupakan hal nyata yang harus diatasi.

“Menurut saya isu ini kan memang isu yang nyata. Kalau misalnya ada kritik kepada pemerintah dianggap lamban, saya ikut mengkritik kok,” katanya di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (5/9).

Wakil Ketua Umum Gerindra ini justru mengkritik pemerintah yang dianggap lamban untuk merespons tragedi kemanusiaan terhadap etnis Rohingya itu.

“Kami ikut mengkritik karena reaksi kita termasuk yang lamban. Yang kedua tidak menunjukkan kita negara pemimpin di ASEAN, negara Muslim terbesar di dunia, tidak menunjukkan itu. Kita seperti negara lain saja, business as usual,” jelasnya.

Fadli menekankan seharusnya kritik yang disampaikannya kepada pemerintah terkait penanganan krisis Rohingya yang lamban harusnya bisa dijadikan instrospeksi bagi pemerintah untuk melakukan perbaikan.

“Harusnya kritik dijadikan introspeksi dan masukan agar bisa merespons lebih cepat dan sesuai dengan semangat politk luar negeri kita yang bebas dan aktif tapi lebih proaktif,” ujarnya.

Lebih lanjut, Fadli membandingkan dengan apa yang dilakukan pemerintahan di era sebelumnya saat berinisiatif menjadi mediator dalam konflik yang terjadi di Filipina.

“Di masa lalu bahkan dalam konflik yang terjadi di Mindanao Selatan, antara MLNF dengan pemerintah Filipina. Kita jadi mediator, kita bahkan mendatangkan tentara ke sana sebagai pihak joint operation buat mediasi pihak MLNF dengan pihak pemerintah Filipina. Begitu juga di Kamboja,” ujarnya.

“Sekarang jangan hanya imbauan saja dong. Sekarang imbauan, kemudian mengklaim membantu membuat sekolah atau rumah sakit padahal itu kerjaan dari civil society,” tandasnya.

Dibawah ini ada video opini yang menganalisa sikap Politik Fadli Zon yang sering mengemas isu SARA untuk mengkritik pemerintah:

https://www.youtube.com/watch?v=3izhv1tbHyc

 

Baca juga : Ada Oknum yang Kemas Isu Rohingya untuk Menyerang Pemerintah Jokowi

 

 

Sumber berita Tersindir Ucapan Kapolri, Fadli Zon Bantah Isu Rohingya untuk Serang Jokowi : kumparan