Teten Masduki Ungkap Alasan Jokowi Lontarkan Ide Pindahkan Ibu Kota

Teten Masduki Ungkap Alasan Jokowi Lontarkan Ide Pindahkan Ibu Kota

Teten Masduki Ungkap Alasan Jokowi Lontarkan Ide Pindahkan Ibu Kota

Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Teten Masduki mengungkap alasan Presiden Joko Widodo melontarkan ide memindahkan ibu kota negara ke luar Pulau Jawa. Sulitnya membenahi Ibu Kota Jakarta menjadi salah satu alasannya.

“Ya, memang Pak Presiden pernah juga melontarkan ide soal pemindahan ibu kota dari Jakarta ke luar Jawa. Karena juga pengalaman beliau waktu di DKI beliau menyampaikan bahwa susah sekali membenahi Kota Jakarta ini yang ongkosnya lebih mahal,” ujar Teten di kantor KSP, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Kamis (6/7/2017)

Menurut Teten, Jokowi beranggapan Jakarta memakan banyak anggaran, baik dalam hal politik maupun sosial. Selain itu, pemerataan pembangunan negara perlu dilakukan di daerah lain selain Pulau Jawa.

“Bukan hanya ongkos biaya, tapi juga ongkos politik dan ongkos sosialnya. Nah, di sisi lain juga ingin ada keseimbangan antara pusat dan daerah. Di banyak negara kan memang dipisahkan antara kota industri, kota dagang, dengan kota pemerintahan,” katanya.

Teten menyebut banyak alternatif daerah untuk ide pemindahan ibu kota negara ini. Salah satunya adalah Pulau Kalimantan, yang dinilai aman dari bencana gempa bumi.

“Ya, akan banyak alternatif, misalnya Kalimantan, daerahnya masih luas, terus juga di situ tidak ada gempa,” imbuhnya.

Selain itu, banyak alternatif pembiayaan yang dapat dilakukan untuk pemindahan ibu kota negara ini. “Terus juga kalau dari segi pembiayaan saya kira banyak, bisa dicarikan alternatif-alternatif skema pembiayaan. Bisa di luar APBN, bisa juga di luar pembangunan infrastruktur,” jelasnya.

 

Baca juga : Fadli Zon Sebut Pemindahan Ibu Kota Hanya Wacana Pepesan Kosong

 

 

Sumber berita Teten Masduki Ungkap Alasan Jokowi Lontarkan Ide Pindahkan Ibu Kota : detik