Tewaskan 14 Orang, Serangan Bom Bunuh Diri ISIS di Kamp Pengungsi Mosul

Tewaskan 14 Orang, Serangan Bom Bunuh Diri ISIS di Kamp Pengungsi Mosul

Tewaskan 14 Orang, Serangan Bom Bunuh Diri ISIS di Kamp Pengungsi Mosul

ISIS kembali melancarkan serangan bom bunuh diri di Irak. Meski posisinya sedang tersudutkan oleh gempuran pasukan gabungan Irak terhadap Kota Mosul, ISIS tetap mampu melancarkan serangan bom bunuh diri. Pelaku yang mengenakan burka meledakkan diri di dua titik kamp pengungsi Mosul dan menewaskan 15 orang.

Image result for Ledakan di Mosul, Irak
Ledakan di Mosul, Irak

Angkatan Perang Irak pada Senin (3/7) pagi melaporkan dua serangan bom bunuh diri yang terjadi di luar area pertempuran kota Mosul. ISIS mengirim dua perempuan beserta bom yang membelit tubuhnya. Mereka masuk ke kerumunan pengungsi yang direlokasi dari tengah medan pertempuran menuju tempat aman di pinggiran kota. Satu bom meledak di kerumunan dan menewaskan satu orang. Sedangkan bom lainnya meledak di kamp pengungsi Provinsi Anbar pada Minggu malam dan menewaskan 14 orang. .

Perang Melawan ISIS di Mosul
Ledakan di Mosul, Irak (Foto: Associated Press)

Saksi mata yang berada di sekitar lokasi menuturkan cara yang jamak dilakukan bomber ISIS perempuan. “Mereka muncul dari lorong bangunan dan kemudian berlari dan meledakkan dirinya,” ucap Sersan Ali Abdullah Hussein kepada Associated Press.

Menggunakan perempuan dan anak sebagai pelaku bom bunuh diri adalah cara terakhir yang kerap digunakan ISIS di tengah posisi yang tersudut. ISIS saat ini dikepung dan hanya menguasai wilayah seluas 1 kilometer persegi.

Perang Melawan ISIS di Mosul
Pengungsi meninggalkan Kota Mosul (Foto: Associated Press)

Dalam kurun tiga hari belakangan, Hussein menghitung setidaknya ada empat serangan bom bunuh diri yang menargetkan militer Irak terjadi di luar wilayah peperangan. Serangan bom biasanya terjadi dengan memanfaatkan arus pengungsi yang bergerak ke wilayah steril dan mendapat pengamanan pasukan Irak.

Image result for Pengungsi meninggalkan Kota Mosul
Pengungsi meninggalkan Kota Mosul

Serangan bom semacam ini meningkat seiring dengan keberhasilan pasukan Irak mendesak ISIS dalam konfrontasi terbuka. Pergerakan pasukan Irak sejak Oktober 2016 secara perlahan mampu mengambilalih Mosul dari kekuasaan ISIS yang berlangsung selama tiga tahun. Pasukan Irak berhasil mencapai Kota Tua Mosul yang menjadi pusat kekuatan ISIS pada Kamis (29/6) minggu lalu.

Perang Melawan ISIS di Mosul
Pasukan Irak melaju kalahkan ISIS (Foto: Assoicated Press)

ISIS semakin terlihat kalut dalam keadaan tersudut. Sebelumnya, ISIS meledakkan Masjid Al-Nuri yang menjadi bagian sejarah peradaban Islam. Padahal pemimpin besar ISIS, Abu Bakr al-Baghdadi, mendeklarasikan kekilafahan ISIS di tempat ini pada Juli 2014. Kini, ISIS membela diri dengan cara memerintahkan perempuan hingga anak-anak untuk menjadi pasukan bom bunuh diri.

Image result for Pengungsi meninggalkan Kota Mosul
Pengungsi meninggalkan Kota Mosul

Sumber Berita Tewaskan 14 Orang, Serangan Bom Bunuh Diri ISIS di Kamp Pengungsi Mosul : Kumparan.com