Tolak Dipanggil Polisi, Eggi Sudjana: Saya Dijadikan Target Untuk Disikat

Tolak Dipanggil Polisi, Eggi Sudjana: Saya Dijadikan Target Untuk Disikat

Dalam kasus Saracen, nama pengacara Eggi Sudjana disebut-sebut menjadi bagian dari kepengurusan Saracen, yaitu sebagai Dewan Penasihat. Eggi membantah mengenal kelompok Saracen, apalagi bergabung sebagai bagian dari kepengurusan Saracen.

“Nama saya saja masuk ke sana (kepengurusan Saracen). Dari segi fakta, Jasriadi sudah menjelaskan kalau enggak kenal sama Eggi Sudjana. Belum konfirmasi dan belum legal (informasi keterlibatan dalam kepengurusan Saracen),” tegas Eggi dalam diskusi di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (26/8).

 

Struktur Organisasi kelompok Saracen beredar di dunia maya

Eggi pun menolak dipanggil oleh pihak kepolisian untuk dimintai keterangan sebagai saksi dalam kasus ini. Sebab dia merasa tidak terlibat dan berkepentingan.

“Jangan nanya ke sana (dipanggil sebagai saksi). Saya sebagai korban yang enggak tahu, tidak mendengar dan (tidak) mengalami. Gimana mau bersaksi (karena) saya enggak tahu (Saracen). Tolong terang benderangkan kenapa ada saya. Penyidikan itu untuk menemukan tersangkanya. Ini ada lompatan hukum,” ujarnya.

“Saya dipanggil salah berat. Enggak ngerti hukum ini. Saya enggak percaya ini (motif) ekonomi. Ini politik. Kalau saya diperiksa, berarti saya sudah dijadikan target untuk disikat,” kata dia

Eggi Sudjana pada acara diskusi Polemik

Menanggapi Eggi, Analis Kebijakan Madya Bidang Penmas Divisi Humas Polri Kombes Pol Sulistyo Pudjo Hartono menuturkan setiap orang yang namanya disebut dalam sebuah kasus hanya akan dipanggil sebagai saksi.

“Jadi asas hukum itu salah satunya yang harus kita pahami asas praduga tidak bersalah. Jadi enggak semua orang yang dipanggil polisi bersalah. Karena bisa jadi dia cuma disebut. Makanya kalau dipanggil disebut saksi. Pak Eggi diundang sebagai saksi untuk lihat benar enggak itu,” kata Pudjo.

Sementara untuk orang-orang yang disebut dan tercantum dalam bukti digital yang didapatkan, Pudjo menuturkan, pemanggilan mereka sebagai saksi akan menunggu proses penyelidikan.

“Saya kemarin nanya, nanti akan dimintai keterangan satu per satu. Makin lengkap, makin kita bisa membuat gambaran,” tutupnya.

 

Baca juga : Bukti Saracen Serang Ahok di Pilkada DKI, Lewat Anggotanya SRN

 

 

Sumber berita Tolak Dipanggil Polisi, Eggi Sudjana: Saya Dijadikan Target Untuk Disikat : kumparan