Viral Video Buang Sampah Satu Truck di Sungai di Jembatan Silento

Viral Video Buang Sampah Satu Truck di Sungai di Jembatan Silento

Viral Video Buang Sampah Satu Truck di Sungai di Jembatan Silento

Sebuah video memperlihatkan dua orang sedang membuang sampah beredar di media sosial.

Video ini viral hingga diunggah ulang beberapa akun Instagram.

Sejumlah pria membuang benda yang diduga sampah ke sungai. Tak cuma satu, benda yang dibuang jumlahnya ada beberapa karung.

Aksi buang sampah di sungai itu terekam dalam video dan menyebar di sejumlah akun media sosial. Dalam posting-an video ditulis lokasi kejadian itu di Jembatan Silento, Pecekelan, Sapuran, Wonosobo, Jawa Tengah.

“Satu Indonesia sudah tahu. Buang sampah jangan di kali. Buang sampah di tempat sampah,” ujar seorang pria di video.

Meski sudah diperingatkan, pria tersebut tetap saja membuang karung-karung dari truk ke sungai.

detikcom meminta konfirmasi kejadian tersebut ke Polres Wonosobo. Kapolres Wonosobo AKBP Muhammad Ridwan mengatakan pihaknya tengah menyelidiki pelaku.

“Kami akan mencari kendaraan dan orang atau pelaku tersebut karena mencemarkan sungai. Kemudian siapa yang menyuruh yang bersangkutan. Kami sudah mengidentifikasi mereka dan sedang kami lidik,” ujar Ridwan dalam pesan kepada detikcom, Rabu (30/8/2017).

Sayur hingga Bangkai Sapi Dibuang ke Sungai di Wonosobo

Parah! Sayur hingga Bangkai Sapi Dibuang ke Sungai di Wonosobo

Sungai tempat sampah 1 truk dibuang di Wonosobo, Jawa Tengah, ternyata sudah menjadi langganan untuk pembuangan sampah. Macam-macam hal pernah dibuang di situ, dari sayur busuk hingga bangkai.

Sungai Bogowonto yang jadi viral itu ada di Desa Pecekelan, Kecamatan Sapuran, Wonosobo. Warga bernama Dewi mengatakan hampir tiap hari ada warga yang membuang sampah di sungai ataupun di tepian sungai.

“Sampahnya beragam, dari sampah rumah tangga, sayuran busuk, pecahan kaca, hingga bangkai sapi. Yang terbaru ada yang membuang bangkai kambing,” ungkap Dewi, yang tinggal di dekat jembatan Sungai Bogowonto, Kamis (31/8/2017).

Sungai di Wonosobo yang penuh sampah /
Sungai di Wonosobo yang penuh sampah. (Uje Hartono/detikcom)

Dewi menyebut sampah tersebut datang dari berbagai desa. Ia mengaku sempat mengingatkan warga beberapa kali namun tidak digubris.

“Kadang ada yang lewat menggunakan kendaraan, kemudian membuang sampah. Beberapa juga dilakukan warga sekitar sini,” ujarnya.

Petugas mengangkut sampah dari Sungai Bogowonto /
Petugas mengangkut sampah dari Sungai Bogowonto. (Uje Hartono/detikcom)

Akibat keberadaan sampah tersebut, Dewi mengaku terganggu. Sampah-sampah itu tidak jarang menimbulkan bau busuk yang menyengat hingga ke dalam rumah. Jika ada waktu longgar, Dewi mengaku kerap membakar sampah yang ada di tepi sungai.

“Terutama saat musim hujan, baunya sangat menyengat. Karena sampah berupa sayuran basah kemudian busuk. Sehingga menimbulkan bau menyengat,” keluhnya.

https://youtu.be/jgTBKY8zfWk

 

 

 

Sumber Berita Viral Video Buang Sampah Satu Truck di Sungai di Jembatan Silento : Detik.com