Wartawan Antara, Alami Intimidasi Brimob Saat Liput Indonesia Terbuka

Wartawan Antara, Alami Intimidasi Brimob Saat Liput Indonesia Terbuka

Wartawan Antara, Alami Intimidasi Brimob Saat Liput Indonesia Terbuka

Wartawan Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara, Ricky Prayoga, mengalami tindak kekerasan oleh oknum aparat keamanan saat berlangsungnya turnamen bulutangkis Indonesia Terbuka di Jakarta Convention Center, Minggu (18/6).

Kekerasan itu terekam video dan menjadi viral di media sosial. Seperti dilansir kantor berita Antara, pada rekaman tampak Ricky dibekap dan ditarik beberapa oknum aparat keamanan ke suatu tempat. Namun Ricky, yang bertugas meliput turnamen tersebut, memberontak.

Yoga, begitu ia akrab dipanggil, mengatakan kejadian itu berlangsung sekitar pukul 15.00 WIB, saat ia mendatangi salah satu anjungan tunai mandiri di JCC. Lalu dia didatangi seorang oknum aparat bernama Adam. “Saya mengira ada yang salah dengan saya, lalu saya tanya ke petugas itu apa ada yang salah dengan saya,” kata Yoga.

Image result for Yoga wartawan antara

Petugas itu, kata Yoga, malah marah-marah, lalu bersama tiga orang lainnya, memitingnya. Malah, kata Yoga lagi, ada petugas yang mengacungkan senjata laras panjang padanya dan ada yang menantangnya berkelahi. Kejadian itu terhenti setelah seorang petugas lain yang lebih senior melerai. Yoga dan para oknum aparat keamanan itu kemudian didamaikan.

Direktur Utama LKBN Antara Meidyatama Suryodiningrat menyesalkan tindakan oknum aparat yang melakukan kekerasan kepada wartawan yang sedang menjalankan tugasnya.

“Saat ini kami menyesalkan bahwa ada pihak-pihak yang masih menggunakan cara kekerasan untuk menghadapi wartawan yang menjalankan tugasnya sesuai dengan Undang-Undang Pers,” demikian pernyataan Meidyatama Suryodiningrat, seperti dilansir Antara.

https://youtu.be/Fh8vOmcrdPk

Meidyatama mengatakan hal utama yang menjadi prioritas saat ini adalah memastikan kondisi kesehatan dan keselamatan wartawan yang menjadi korban tersebut. “Setelah itu kami akan konfirmasi rentetan kejadian dan penyebabnya lalu menentukan langkah sesuai ketentuan yang ada dan memungkinkan.”

Pihak Mabes Polri memberikan perhatian pada peristiwa tersebut. “Ya, diatensi (dan informasi) diteruskan ke Brimob,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Mabes Polri Brigadir Jenderal Polisi Rikwanto saat dikonfirmasi di Jakarta, Minggu malam.

Rikwanto mengatakan akan menindaklanjuti informasi peristiwa kekerasan yang dialami Yoga.

 

Sumber Berita Wartawan Antara, Alami Intimidasi Brimob Saat Liput Indonesia Terbuka : Cnnindonesia.com