Wiranto, Duterte Sudah Kasih Lampu Hijau TNI, Tumpas ISIS di Marawi

Wiranto, Duterte Sudah Kasih Lampu Hijau TNI, Tumpas ISIS di Marawi

Wiranto, Duterte Sudah Kasih Lampu Hijau TNI, Tumpas ISIS di Marawi

Menkopolhukam Wiranto menyebut Presiden Filipina Rodrigo Duterte sudah memberikan lampu hijau agar Indonesia membantu Filipina memerangi ISIS. Upaya itu mendapat dukungan dari parlemen Indonesia.

“Serangan milisi pro ISIS di Marawi Filipina Selatan juga bisa menjadi ancaman bagi kedaulatan Indonesia, apalagi ada indikasi keterkaitan ledakan bom yang terjadi di Indonesia terkait dengan kelompok ini. Oleh sebab itu permintaan Presiden Filipina Duterte agar TNI ikut membantu atas ISIS mendapat respons positif,” ucap Anggota Komisi I DPR RI, Sukamta, Jumat (23/6).

Persiapan Pengamanan Raja Salman
Pasukan Denjaka

Menurut Ketua Bidang Pembinaan dan Pengembangan Luar Negeri (BPPLN) DPP PKS, itu, ancaman ISIS yang semakin membesar perlu jadi agenda bersama negara-negara ASEAN. Tahun lalu sudah ada pembicaraan kerja sama militer negara-negara ASEAN untuk mengatasi ancaman ISIS namun perlu segera ditindaklanjuti dengan langkah nyata.

“Saya kira ini bukan hanya soal saling bantu sebagai negara tetangga, keterlibatan TNI mengatasi serangan ISIS di Marawi Filipina Selatan juga untuk mencegah berkembangnya kelompok yang berideologi kekerasan ini ke wilayah Indonesia,” terang Sukamta.

Pasukan TNI
Pasukan TNI berbaris saat apel

“Saya akan usulkan kepada Bu Menlu dan Pak Menhan agar Indonesa bisa menginisiasi pertemuan ASEAN membahas situasi terkini di Marawi. Jika diperlukan maka setiap negara di ASEAN bisa ikut berpartisipasi dalam mengatasi serangan ISIS di wilayah tersebut,” lanjutnya.

Tentara Filipina di Marawi
Tentara Filipina di Marawi

Selain kesiapan untuk mengirim pasukan TNI ke Marawi Filipina Selatan, Sukamta yang juga Sekretaris FPKS DPR RI juga ingatkan pentingnya meningkatkan keamanan di wilayah perbatasan dengan Filipina Selatan.

“Patroli maritim maupun penjagaan pintu-pintu masuk wilayah Indonesia perlu diperketat untuk memastikan keamanan wilayah Indonesia,” tutup Sekretaris Fraksi PKS.

 

Sumber Berita Wiranto, Duterte Sudah Kasih Lampu Hijau TNI, Tumpas ISIS di Marawi : Kumparan.com