Anies: Alhamdulillah, Disepakati KUA-PPAS 2018 Rp 77,1 Triliun

Anies: Alhamdulillah, Disepakati KUA-PPAS 2018 Rp 77,1 Triliun

Anies: Alhamdulillah, Disepakati KUA-PPAS 2018 Rp 77,1 Triliun

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersyukur anggaran rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD 2018 telah disepakati. Anggaran tersebut disepakati sebesar Rp 77,1 triliun.

“Alhamdulillah hari ini KUA-PPAS sudah ditandatangani. Kita sudah menyepakati. Alhamdulillah seluruh pimpinan DPRD lengkap semuanya dan prosesnya alhamdulillah berjalan dengan lancar. Insyaallah anggaran untuk tahun 2018 itu ditetapkan Rp 77,1 triliun,” kata Anies di gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (14/11/2017).

Image result for Gubernur dki tanda tangan APBD2018
DPRD dan Pemprov Bakal Gelar Rapat Paripurna APBD 2018. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Anies juga mengapresiasi Banggar DPRD DKI yang memberikan ruang untuk program-program kerjanya bersama Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno meski Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) belum selesai.

“Alhamdulillah, kami bersyukur bahwa teman-teman Banggar yang dipimpin Pak Sani (Wakil Ketua DPRD Triwisaksana) itu memberikan ruang untuk bisa memasukkan program-program kita meskipun secara formal RPJMD-nya belum selesai. Dan kita benar-benar mengapresiasi,” ujar Anies.

“Dan inilah teman-teman yang saya rasa bisa menjadi contoh bahwa teman-teman di Dewan memiliki kelegowoan bahwa ada pergantian kepemimpinan, ada program-program yang dijanjikan yang harus terakomodasi, meskipun secara formal itu belum ada dokumen RPJMD-nya,” lanjutnya.

Image result for Wakil Ketua DPRD DKI Triwisaksana
Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Triwisaksana

Wakil Ketua DPRD DKI Triwisaksana, yang akrab disapa Sani, mengatakan pimpinan dan anggota Banggar memiliki keinginan yang sama dengan Pemprov DKI untuk menyelesaikan RAPBD 2018 tepat pada waktunya.

“Kami mewakili pimpinan dan anggota Badan Anggaran memiliki iktikad baik yang sama dengan Gubernur dan Pemprov DKI Jakarta agar anggaran untuk masyarakat ini diselesaikan tepat pada waktunya. Kita ingin bahwa besok hari Rabu, tanggal 15 November, Pak Gubernur sudah menyampaikan pidato penyampaian RAPBD 2018,” terang Sani.

Meski disepakatinya KUA-PPAS 2018 ini merupakan tahapan awal dari pembahasan RAPBD 2018, Sani yakin pembahasan anggaran tidak akan mengalami rintangan. Dia juga yakin APBD 2018 akan selesai tepat waktu.

“Kalau melihat iktikad baik dari kedua belah pihak, baik Banggar maupun TAPD, juga beserta Gubernur dan Wakil Gubernur, kami meyakini bahwa pembahasan anggaran 2018 ini tidak akan mengalami rintangan yang berarti dan insyaallah akan selesai tepat pada waktunya,” ujar Sani.

Pemerintah Provinsi DKI dan DPRD DKI menyepakati besaran rancangan KUA-PPAS APBD 2018. Anggaran tersebut disepakati sebesar Rp 77,1 triliun.

“Total anggaran untuk APBD 2018 sebesar Rp 77.110.885.760. Setelah kesepakatan ini ditandatangani SKPD (satuan kerja perangkat daerah) dan TAPD (tim anggaran pemerintah daerah) akan melakukan input komponen, setelah itu rapat RAPBD,” kata Sekda DKI Saefullah dalam pemaparannya dalam rapat Badan Anggaran di DPRD DKI.

(Baca juga: ANGGOTA DPRD CECAR KENAIKAN ANGGARAN DP RP 0 DAN OK OCE ANIES-SANDI)

(Baca juga: DPRD DKI: PROGRAM ANIES MEMBINGUNGKAN, JANGAN SEMUA NGAMBANG)

 

Sumber Berita Anies: Alhamdulillah, Disepakati KUA-PPAS 2018 Rp 77,1 Triliun : Detik.com