Anies Baswedan Instruksikan Siaga Banjir DKI Jakarta Lewat WhatsApp

Anies Baswedan Instruksikan Siaga Banjir DKI Jakarta Lewat WhatsApp

Anies Baswedan Instruksikan Siaga Banjir DKI Jakarta Lewat WhatsApp

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menginstruksikan seluruh jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI untuk menjalankan Operasi Siaga Ibukota bertajuk Siap, Tanggap, dan Galang, Senin (5/2).

Anies menuliskan instruksinya kepada para bawahannya itu melalui aplikasi pesan singkat WhatsApp dan dikirimkan pada pukul 16.20 WIB.

“Pada pukul 16.00 sore ini, Pintu Air Depok menunjukkan ketinggian air 400 (di atas ketinggian 300 adalah status Siaga I). Air sedang dalam perjalanan menuju Jakarta,” tulis Anies, pada Senin (5/2), sebagai kalimat pembuka.

Image result for Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau Pintu Air Manggarai
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau pintu air Manggarai.

Pimpinan dan jajaran satuan kerja perangkat daerah (SKPD) pun diharuskan menyiapkan langkah-langkah taktis dan cepat.

Kepada semua Wali Kota, Anies meminta agar mereka mengkoordinasikan seluruh pasukan kerja dan mengerahkan petugas ke titik genangan di wilayahnya masing-masing.

“Pastikan semua posko dalam posisi siap dan bisa menampung semua warga yang berpotensi terdampak bencana,” kata Anies.

Dia juga meminta setiap Lurah di Jakarta untuk memastikan pasukan oranye siap membantu mengatasi banjir kiriman. Selain memastikan daerah sendiri aman, Lurah, katanya, harus menyiapkan petugas untuk diperbantukan ke daerah lain di sekitarnya.

Anies meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta untuk mengantisipasi dan menanggulangi banjir.

Seorang anak melintasi banjir sedalam 1,5 meter di Kelurahan Pajetan Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (5/2).
Seorang anak dalam genangan air sedalam 1,5 meter di Kelurahan Pajetan Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (5/2). (Foto: ANTARA FOTO/Atika Fauziyyah)

“Pastikan informasi tersampaikan ke seluruh bagian terkait, juga kepada publik yang membutuhkan. Utamanya seluruh warga di daerah aliran Sungai Ciliwung,” imbuhnya.

Kemudian, Anies juga meminta agar pasukan biru dari Dinas Sumber Daya Air dan Dinas Bina Marga DKI bersiap di titik rawan banjir dan memastikan tidak ada sumbatan di tali air, dan pompa-pompa berjalan baik.

Dinas Sosial DKI pun dimintanya untuk mengantisipasi warga yang terdampak banjir kiriman

“Kebutuhan sandang dan pangan agar dipersiapkan ketika warga harus mengungsi. Siapkan respon cepat jika ada pengungsian,” kata Anies.

Banjir Capai 2 Meter di Cawang, Warga Mulai Mengungsi
Arus dari luapan Ciliwung di bantaran Cawang lebih deras daripada sebelumnya meski tidak sampai berpotensi menghanyutkan. (CNN Indonesia/Bimo Wiwoho)

Antisipasi penumpukan sampah di pintu air juga menjadi tanggungan Dinas Lingkungan Hidup DKI. Dinas LH diminta untuk mempersiapkan kebutuhan toilet mobile untuk di lokasi pengungsi.

Selain itu, Anies meminta Dinas Perhubungan untuk mengantisipasi dan membantu mengatur lalu lintas petang nanti jika terjadi macet akibat genangan di berbagai titik. Petugas tambahan diperlukan di lapangan, utamanya di daerah rawan genangan.

Satpol PP juga diminta untuk membantu menjaga setiap rumah pompa, serta membantu evakuasi warga di lokasi rawan banjir.

Tenaga medis dari Dinas Kesehatan pun diperintahkan agar siaga bergerak dan membantu di daerah rawan banjir dan potensi pengungsian.

Terakhir, pesannya kepada Dinas Komunikasi, Informasi, dan Statistik (Kominfotik) untuk senantiasa memperbarui atau update data terbaru di seluruh kanal informasi.

“Data dari Kominfotik harus akurat dan harus paling cepat dikeluarkan untuk diketahui publik,” kata Anies.

Seluruh jajaran SKPD, kata Anies, wajib membantu memantau dan memastikan informasi sampai pada SKPD yang terlibat langsung dalam mengantisipasi limpahan air dari hulu yang diprediksi akan masuk Jakarta sekitar pukul 18.00 WIB.

“Laksanakan instruksi ini dengan cepat dan galang seluruh kekuatan untuk memgamankan warga dan Ibukota,” ucapnya, menutup pesan instruksi itu.

 

(Baca juga: INILAH TITIK-TITIK BANJIR DI SEJUMLAH WILAYAH JAKARTA)

 

Sumber Berita Anies Baswedan Instruksikan Siaga Banjir DKI Jakarta Lewat WhatsApp : Cnnindonesia.com