Arab Saudi Cabut Kewarganegaraan Hamza bin Laden Putra Osama bin Laden

Arab Saudi Cabut Kewarganegaraan Hamza bin Laden Putra Osama bin Laden

Arab Saudi Cabut Kewarganegaraan Hamza bin Laden Putra Osama bin Laden

Arab Saudi mencabut kewarganegaraan dari Hamza bin Laden, putra pemimpin Al-Qaeda, Osama bin Laden. Keputusan ini dipastikan langsung oleh Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi.

Dilansir Reuters, Sabtu (2/3), keputusan Arab Saudi mencabut kewarganegaraan Hamza berdasarkan perintah Kerajaan Arab Saudi pada November 2018.

Sebelumnya, Departemen Luar Negeri AS pada Kamis (28/2) menawarkan hadiah hingga 1 juta dolar AS untuk informasi yang mengarah ke identifikasi atau lokasi di negara mana Hamza tinggal saat ini. AS memburunya karena dianggap sebagai pemimpin kunci Al Qaeda.

Pengumuman yang diedarkan oleh akun Twitter milik Departemen Luar Negeri AS memberikan hadiah sebesar USD 1 juta untuk pemimpin al-Qaeda Hamza bin Laden, putra Osama bin Laden.

Hamza yang diyakini berusia sekitar 30 tahun berada di sisi ayahnya di Afghanistan sebelum serangan 11 September. Mereka juga menghabiskan waktu bersama di Pakistan setelah invasi pimpinan AS atas Afghanistan yang membuat banyak pemimpin senior Al Qaeda terpojok.

Sampai saat ini tidak ada yang tahu di mana Hamza berada. Ada dugaan, pria itu tinggal bersama ibunya di Iran. Namun, pada 2018 salah seorang saudara tiri Hamza menyebut yang bersangkutan berada di sekitar Afghanistan.

Osama bin Laden pemimpin Al-Qaeda yang telah tewas tahun 2011

Peran Hamza di Al Qaeda secara resmi diperkenalkan oleh kepala baru kelompok itu, Ayman al-Zawahiri, dalam satu pesan audio pada 2015. Hal ini memberikan kesegaran bagi kelompok itu.

Menurut Departemen Luar Negeri AS, Hamza telah menyerukan aksi terorisme di ibu kota negara-negara barat. Ia mengancam mengambil tindakan balasan terhadap AS atas pembunuhan ayahnya.

Ia juga mengancam membidik orang-orang AS di luar negeri dan mendesak suku-suku Arab Saudi untuk bersatu dengan Al Qaeda di Yaman untuk melawan Kerajaan Arab Saudi.

Almarhum Osama bin Laden dengan putranya, Hamza bin Laden

Osama bin Laden dibunuh oleh pasukan khusus AS yang menyerbu kompleks kediamannya di Pakistan pada 2011. Hamza diperkirakan berada di bawah tahanan rumah di Iran pada saat itu.

Dokumen-dokumen yang ditemukan dari kompleks itu mengindikasikan bahwa para pembantu telah berusaha untuk menyatukan kembali Hamza dengan ayahnya yang selama ini terpisah jauh.

 

 

Baca juga : Calon Pewaris Raja Salman, Pangeran Muhammad Diburu Teroris

 

 

Sumber berita Arab Saudi Cabut Kewarganegaraan Hamza bin Laden Putra Osama bin Laden : kumparan