Banjir Kepung Jakarta, Wartawan Tanya Solusi, Sandiaga Uno Cuma Bilang Begini

Banjir Kepung Jakarta, Wartawan Tanya Solusi, Sandiaga Uno Cuma Bilang Begini

Banjir Kepung Jakarta, Wartawan Tanya Solusi, Sandiaga Uno Cuma Bilang Begini

Hujan lebat yang mengguyur Jakarta menyisakan banjir. Sejumlah ruas jalan di Ibu Kota terendam air dengan ketinggian variatif.

Pantauan Liputan6.com, Senin (11/12/2017), banjir menggenangi ruas Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta. Bahkan, kompleks menteri di Jalan Denpasar juga terendam.

Selain itu, banjir juga terjadi di ruas Tol Dalam Kota dan Jalan Gatot Subroto mengarah ke Pancoran. Tepatnya dari depan Gedung Bulog dan Kantor Kemnaker.

Pemilik akun Twitter @Johanesmojo menginformasikan adanya genangan air di depan kampus Atmajaya, Semanggi. “Kondisi jalan banjir depan kampus Atmajaya dan Semanggi mengarah ke Blok M.”

Banjir juga terjadi di depan Kuningan City arah Tanah Abang. Arus lalu lintas di jalan tersebut menjadi tersendat, lantaran air menggenangi jalan dengan ketinggian sekitar 10 cm.

Kemacetan juga terjadi di Jalan Iskandar Muda depan Gandaria City, yang disebabkan kondisi jalan yang tergenang air.

Pohon Tumbang

Hujan yang disertai angin kencang juga menumbangkan sejumlah pohon di Jakarta.

Petugas Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya menginformasikan adanya pohon tumbang di traffic light Kuningan pada Senin (11/12/2017) pukul 14.22 WIB.

“Dalam penanganan petugas,” tulis petugas TMC di akun Twitter @TMCPoldaMetro.

Akun @CommuterLine juga mengungkap adanya pohon tumbang di Stasiun Karet. “#InfoLintas Terdapat pohon tumbang di Stasiun Karet, saat ini masih dalam proses evakuasi.”

Sejumlah warganet juga mengabarkan adanya pohon tumbang, salah satunya akun @aryokristiyanto. “Pohon tumbang tepat di depan Hotel Mulia Senayan Jakarta 14.00wib 11/12, harap berhati2.”

“ada pohon yang tumbang di jalan pangeran jayakarta depan showroom honda dan hanya bisa jalan 1 lajur saja,” tulis @p1ndy5.

Akun @Zukrilzaed juga menginformasikan, “Hati-hati melintas di sekitar taman Honda Tebet, Jaksel. Hujan lebat ada pohon tumbang.”

Banjir Kepung Jakarta Senin Sore, Rasuna Said Paling Parah

Hujan dengan intensitas deras turun merata di seluruh wilayah Jakarta, Senin siang, 11 Desember 2017. Akibatnya, sejumlah ruas jalan utama di Jakarta terendam banjir dengan ketinggian yang beragam.

Berdasarkan laporan Twitter Traffic Management Center Polda Metro Jaya, air setinggi 10 sentimeter (cm) menggenangi Jalan depan Kuningan City arah Tanah Abang.

Banjir setinggi 30-40 cm juga terjadi di Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan. Kendaraan terpaksa berjalan melambat.

Jalan Sudirman depan Kampus Atmajaya dan Semanggi arah Blok M juga tergenang air setinggi kurang lebih 10-20 cm.

Banjir Kepung Jakarta, Ditanya Wartawan Sandiaga Uno Hanya Bilang Begini....

Banjir di Jakarta

Di depan Kantor Kemenaker juga terdapat genangan yang cukup tinggi, bahkan membuat pengendara sepeda motor yang melintas terpaksa mendorong kendaraannya.

Sementara itu, di depan tempat pemakaman Karet Bivak juga dilaporkan terendam air. Banjir juga menggenangi Jalan Adityawarman, Kebayoran, Jakarta Selatan. Banyak kendaraan roda empat yang terjebak dan terendam.

Wilayah langganan banjir yakni depan Gandaria City pun tak luput diterpa air. Ketinggian banjir di sana dilaporkan 30-40 cm.

Tak hanya itu, di ruas tol Kemayoran-Tanjung Priok juga terdapat genangan, tepatnya di KM 16+800. Hujan siang ini tak hanya membanjiri jalan, tetapi membuat sejumlah pohon ikut tumbang.

Dilaporkan ada beberapa lokasi pohon tumbang di antaranya depan Hotel Mulia Senayan dan Jalan Pejompongan Raya.

Ini dia salah satu video kondisi banjir di Rasuna Said, Kuningan.

Ditanya Banjir, Sandiaga Malah Cerita Punya Aplikasi Pantau Banjir

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahudin Uno mengaku memiliki aplikasi khusus untuk memantau banjir di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Saat ditanyai awak media terkait banjir yang melanda jalanan protokol ibu kota pada siang hingga sore hari Senin (11/12/2017), Sandi malah menceritakan dirinya selalu memantau dari aplikasi “Pantau Banjir” di Jakarta SmartCity.

“Saya udah punya aplikasi “Pantau Banjir”. Ini ada laporan di Guntur 15 cm RW 02, Setiabudi RW 05 15 cm, Setiabudi ini Kuningan RW 07 10 cm, Kebayoran Lama Selatan RW 05 15 cm, Malaka Jaya RW 06 15 cm, Sunter Agung RW 03 5 cm. Ini aplikasinya ada di Jakarta Smart City, bisa dipakai,” ujar Sandi di Balai Kota, Gambir, Jakarta Pusat.

Ia mengaku hingga saat ini belum ada laporan dari Dinas Tata Air terkait banjir yang melanda beberapa ruas jalanan ibu kota dan ia akan memantau melalui aplikasi.

“Belum ada. Tapi saya enggak mau mengganggu mereka karena saya bisa pantau pake di sini, ada aplikasinya,” ujar Sandi.

Melalui aplikasi itu, ia juga memantau ketinggian di beberapa pintu air.

“Di sini (aplikasi) kalau pintu air saya bisa lihat, pintu air di sini ada yang kuning, Marina 189, Istiqlal aman, merah Jembatan Merah sesuai dengan nama jembatannya. Aliran tengah siaga 1, 220 cm, dan kondisinya hujan. Kali Duri masih hijau, dan sebagainya,” kata Sandi.

Diketahui, hujan deras mengguyur Ibu kota sejak siang hingga sore hari membuat sejumlah wilayah banjir.

Bahkan banjir melanda jalan protokol.

Melalui Twiter, Polda Metro Jaya menyebarkan informasi bahwa sepanjang jalan Rasuna Said, Kuningan, arus lalu lintas terpantau pandat akibat banjir yang menutupi ruas jalan tersebut.

 

(Baca juga: ARBI SANIT: SANDIAGA PIMPIN JAKARTA TERINSPIRASI DARI DONGENG BUKAN PEMIKIR)

(Baca juga: ANIES BASWEDAN KENA BULLIYAN NETIZEN PANTAU BANJIR LEWAT JAKARTA SMART CITY)

 

Sumber Berita Banjir Kepung Jakarta, Wartawan Tanya Solusi, Sandiaga Uno Cuma Bilang Begini : Liputan6.com, Viva.co.id, Tribunnews.com