Bawaslu: Tak Ada Bahan Kampanye di Tabloid Indonesia Barokah

Bawaslu: Tak Ada Bahan Kampanye di Tabloid Indonesia Barokah

Bawaslu: Tak Ada Bahan Kampanye di Tabloid Indonesia Barokah

Bawaslu RI sudah menelusuri tabloid Indonesia Barokah yang tersebar di sejumlah daerah. Alamat kantor redaksi tabloid ‘Indonesia Barokah’ ternyata palsu.

“Sudah mencari alamatnya, nggak menemukan. Kemudian kami sampaikan ke jajaran Bawaslu provinsi, kabupaten/kota, jika ada laporan diproses sesuai tata cara mekanisme laporan” ujar anggota Bawaslu, Ratna Dewi Pettalolo saat dihubungi, Jumat (25/1/2019).

Bawaslu daerah menurut Dewi juga sudah berkoordinasi dengan takmir masjid agar tidak mengedarkan tabloid ‘Indonesia Barokah’ bila menerima paketnya. Koordinasi yang sama dilakukan dengan PT Pos.

Dewi mengatakan, tabloid ‘Indonesia Barokah’ dilaporkan tersebar di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Banten. Belum ada laporan soal peredaran tabloid itu di Jakarta.

“Sudah ada penanganan di salah satu kabupaten, dibahas polisi dan jaksa, tidak ada unsur kampanye. Pelanggaran terjadi kalau ada bahan kampanye, tapi (di tabloid) tidak ada bahan kampanye,” papar dia.

Tabloid Indonesia Barokah sebelumnya dikiritik Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Isi tabloid dianggap menyudutkan Prabowo. Sandiaga Uno menyebut tabloid yang beredar di sejumlah wilayah itu bagian dari kampanye hitam atau black campaign.

“Itu adalah bagian dari black campaign yang sudah kita sama-sama kita sepakati untuk tidak dilakukan,” ujar Sandiaga di Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Kamis (24/1).

Sedangkan Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin menilai tulisan yang disampaikan di tabloid ‘Indonesia Barokah’ merupakan fakta. Kubu Prabowo diminta tak perlu khawatir.

“Apabila dibaca secara utuh kontennya, tidak ada yang perlu dikhawatirkan mengandung unsur kebencian, kebohongan, atau hoax. Itu sudah terkonfirmasi dari hasil Bawaslu Kabupaten Blora yang telah memeriksanya,” kata juru bicara TKN Jokowi-Ma’ruf, Ace Hasan Syadzily, Kamis (24/1).

Saksikan juga video ‘Heboh! Tabloid ‘Indonesia Barokah’ Beredar di Banyuwangi’:

 

 

Baca juga : Bawaslu Blora Putuskan Tabloid ‘Indonesia Barokah’ Boleh Beredar

 

 

Sumber berita Bawaslu: Tak Ada Bahan Kampanye di Tabloid Indonesia Barokah : detik