Beginilah Hasil Pertemuan Retno Marsudi Dengan Aung San Suu Kyi

Beginilah Hasil Pertemuan Retno Marsudi Dengan Aung San Suu Kyi

Beginilah Hasil Pertemuan Retno Marsudi Dengan Aung San Suu Kyi

Menteri Luar Negeri telah menggelar pertemuan dengan Aung San Suu Kyi di kota Nay Pyi Taw, Myanmar, Senin (4/9). Usai pertemuan, Retno menjelaskan isi pertemuan dengan penasihat pemerintah Myanmar tersebut.

“Saya membawa pesan masyarakat Indonesia dan membawa harapan dari komunitas internasional,” ujar Retno dalam keterangan yang diterima kumparan, Senin (4/9).

Retno menjelaskan ada 4 poin penting yang disampaikan kepada Suu Kyi. Pertama, yaitu harapan agar Indonesia dan komunitas internasional agar situasi di Rakhine State bisa kembali aman.

“Kedua, saya menyampaikan agar maximum self restraint harus dilakukan dan kita minta agar penggunaan kekerasan dihentikan,” lanjut Retno.

Poin ketiga, lanjut dia, adalah jaminan dari pemerintah Myanmar untuk memberikan perlindungan bagi semua orang yang tinggal di Rakhine State tanpa terkecuali. Jaminan perlindungan ini harus diberikan tanpa mempertimbangkan etnis dan agama.

Image result for Retno Marsudi bersama Aung San Suu Kyi
Retno Marsudi bersama Aung San Suu Kyi

“Poin terakhir yaitu bantuan kemanusiaan. Itu empat elemen utama yang saya sampaikan,” tuturnya.

Selain empat poin itu, Retno juga menekankan soal pentingya laporan dari komisi yang dipimpin oleh Kofi Anan kepada Suu Kyi. Suu Kyi berjanji akan ada komisi khusus yang memantau implementasi dari laporan Kofi Anan tersebut.

Hal lain yang juga menjadi penekanan soal bantuan kemanusiaan bagi para korban etnis Rohingya di Myanmar.

Retno mengatakan dari pertemuan itu sudah disepakati pemberian bantuan kemanusiaan akan dipimpin oleh pemerintah Myanmar dengan melibatkan dunia internasional

“Agar Indonesia dan atau Asia jadi bagian penting dalam mekanisme bantuan internasional yang akan dijalankan di Rakhine State,” ujarnya.

Masalah teknis soal bantuan kemanusiaan, kata Retno, akan dibicarakan lebih lanjut dengan pihak-pihak terkait, termasuk para menteri luar negeri negara ASEAN.

 

Sumber Berita Beginilah Hasil Pertemuan Retno Marsudi Dengan Aung San Suu Kyi : Kumparan.com