Benarkah Gedung DPR Miring 7 Derajat? Menara Pisa Saja Miring 4 Derajat

Benarkah Gedung DPR Miring 7 Derajat? Menara Pisa Saja Miring 4 Derajat

DPR berulang kali mengeluhkan Gedung Nusantara I, yang menjadi kantor anggota DPR, miring. Bahkan, kemiringan ini diklaim mencapai 7 derajat. Apa benar?

Isu ini pernah merebak saat tahun 2010 silam. Waktu itu, sempat tercetus ide mendirikan bangunan anyar menggantikan gedung Nusantara I yang memiliki 24 lantai itu.

Wacana tersebut pada akhirnya kandas karena derasnya arus penolakan publik. Kemudian, tahun 2015 wacana ini muncul lagi ke permukaan dalam rangka 7 proyek penataan kawasan parlemen.

Mengenai kemiringan, coba bandingkan dengan Menara Pisa di Italia. Secara kasatmata, Menara Pisa terlihat sangat miring. Tetapi tahukah Anda? Dari berbagai sumber, ternyata kemiringan Menara Pisa ‘hanya’ 3,99 derajat atau nyaris 4 derajat.

Kemiringan Menara Pisa sebesar 4 derajat

Kemiringan 7 derajat ini sebenarnya sudah dibantahkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum (PU). Jika benar gedung Nusantara I DPR miring 7 derajat, maka akan mengalami simpangan miring sejauh 8 meter. Dengan simpangan sejauh itu, semestinya gedung tersebut sudah tidak kuat menopang bebannya.

“Dengan ketinggian gedung 99 meter, apabila terjadi kemiringan 7 derajat maka (gedung) akan mengalami simpangan (miring) 8 meter,” jelas Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian PU Sumaryanto Widayatin tahun 2010 silam.

Gedung Nusantara I DPR yang disebut-sebut miring 7 derajat tampak tegak berdiri

Kini, wacana pembangunan gedung baru DPR kembali mencuat ke permukaan. Ada berbagai macam alasan yang disampaikan oleh wakil ketua DPR Fahri Hamzah. Pertama, DPR memang memerlukan gedung baru karena kenaikan jumlah anggota dewan. Kedua, gedung Nusantara I yang sudah 15 tahun berdiri dinilai sudah tidak layak dan disebut-sebut miring.

“Ini gedung heritage, nggak ada lagi penambahan tempat. Anggota DPR ini nambah jadi 575. Dulu anggota DPR saat gedung itu dibangun tahun ’88 cuma 40 orang kurang, 40 orang nggak punya staf,” kata Fahri di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (14/8).

 

Baca juga : Fahri Usul Sebagian Anggaran dari 5,7 Triliun Buat Apartemen DPR

 

 

Sumber berita Benarkah Gedung DPR Miring 7 Derajat? Menara Pisa Saja Miring 4 Derajat : detik