Dinilai Tak Islami, Malaysia Larang Despacito Diputar di Stasiun Pemerintah

Dinilai Tak Islami, Malaysia Larang Despacito Diputar di Stasiun Pemerintah

Dinilai Tak Islami, Malaysia Larang Despacito Diputar di Stasiun Pemerintah

Pemerintah Malaysia melarang stasiun milik pemerintah menyiarkan lagu yang saat ini sedang populer, Despacito, setelah adanya laporan bahwa liriknya ‘bernafsu’.

Menteri Komunikasi Malaysia, Salleh Said Keruak, mengatakan lagu berbahasa Spanyol itu -yang menampilkan penyanyi Kanada Justin Bieber dalam versi remix- dinilai ‘tidak Islami’.

Malaysia memiliki undang-undang sensor yang ketat dan sudah beberapa kali melarang materi-materi yang sensitif.

Despacito -karya pemusik asal Puerto Rico, Luis Fonsi- merupakan lagu yang paling banyak diputar melalui internet, dengan 4,6 miliar kali didengar di seluruh dunia dalam waktu enam bulan.

Inilah lagu Video klip Despacito yang dirilis Justin Bieber :

https://www.youtube.com/watch?v=uaTeZA-Gj7s

“Despacito tidak akan diudarakan oleh stasiun penyiaran milik pemerintah karena kami menerima keluhan dari masyarakat umum,” kata Salleh Said Keruak kepada kantor berita AFP.

“Liriknya tidak pantas untuk didengar.”

Dia menambahkan stasiun penyiaran swasta didorong untuk ‘menerapkan sensor sendiri’.

 

Partai oposisi yang beraliran Islami, Partai Amanah Negara, sebelumnya mendesak pemerintah melarang lagu tersebut karena ‘isinya yang seksi’.

Ketua departemen perempuan partai, Atriza Umar, menggambarkannya sebagai ‘porno’ dan tidak sesuai dengan anak-anak serta memperingatkan bahwa isinya bisa merusak masyarakat.

Inilah lagu Video klip Despacito yang asli dari Luis Fonsi dengan Daddy Yankee :

Lagu yang dibawakan oleh penyanyi rapper Puerto Rico, Daddy Yankee ini amat populer di media sosial dan langsung terkenal setelah dirilis bulan Januari. Lantas bulan April, muncul pula versi barunya dengan menampilkan Justin Bieber.

Terjemahan judul lagu dalam Bahasa Spanyol itu adalah ‘perlahan-lahan’ yang disebut merujuk pada cara rayuan Fonsi, sang penggubahnya.

Luis Fonsi Fonsi dan Daddy Yankee membawakan lagu itu dalam acara Billboard Latin Music Awards.

Ketika awal pekan ini, Despacito, dinyatakan sebagai musik yang paling banyak dimainkan di internet, Fonsi menanggapi, “Saya hanya ingin membuat orang berdansa… dan untuk sebuah lagu yang bisa menyatukan orang dan budaya bersama, saya merasa bangga.”

 

Baca juga : 7 Artis Baru Ikut Terciduk Bersama Pretty Asmara saat Pesta Narkoba

 

 

Sumber berita Dinilai Tak Islami, Malaysia Larang Despacito Diputar di Stasiun Pemerintah : bbc