Fadli Zon Usulkan Kenaikan Dana Parpol Rp 5.000 per Suara

Fadli Zon Usulkan Kenaikan Dana Parpol Rp 5.000 per Suara

Fadli Zon Usulkan Kenaikan Dana Parpol Rp 5.000 per Suara

Pemerintah melalui Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengusulkan kenaikan dana parpol dari Rp 108 per suara menjadi Rp 1.000 per suara. Usulan pemerintah ini dirasa masih kurang oleh Wakil Ketua DPR Fadli Zon.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini menilai kenaikan dana parpol seharusnya mencapai Rp 5.000 per suara.

“Harusnya bisa Rp 5.000 kalau cuma segitu tanggung. Supaya kita juga mengurangi usaha pencarian dana ke yang lain. Itu salah satu cara untuk mematangkan demokrasi,” kata Fadli di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (5/7).

Rapat paripurna DPR
Rapat paripurna DPR (Foto: Aditia Noviansyah/kumparan)

Kenaikan dana parpol, menurutnya, bisa membantu keuangan parpol. Sebab, biaya operasional untuk kebutuhan partai sampai ke tingkat bawah membutuhkan dana yang besar.

Meski biaya operasional besar, tapi partai tidak diperbolehkan untuk mencari sumber keuangan lain seperti melakukan usaha.

“Parpol itu tidak boleh berusaha, tidak boleh punya perkebunan, tidak boleh punya bengkel. Lalu membiayai dari mana demokrasi ini. Memang seharusnya ada kenaikan yang signifikan. Bayangkan ngurusin parpol dari pusat sampai ke tingkat yang bawah. Kan melibatkan masyarakat jutaan juga,” ujarnya.

Image result for Mendagri Tjahjo Kumolo
Mendagri Tjahjo Kumolo

Sebelumnya, Mendagri Tjahjo Kumolo mengusulkan kenaikan dana parpol dari Rp 108 menjadi Rp 1.000 per suara karena sudah 20 tahun tidak mengalami kenaikan. Usulan ini, kata dia, masih digodok oleh Menteri Keuangan serta DPR.

“Nominal bantuan dari jumlah suara yang tiap-tiap parpol peroleh dalam tiap pemilu. Sudah 20 tahun Rp 108 padahal tahun 1999 pernah Rp 1.000. Sekarang kita berupaya mengusulkan Rp 1.000,” ujar Tjahjo di Kemendagri, Senin (4/7) seperti dilansir Antara.

 

Sumber Berita Fadli Zon Usulkan Kenaikan Dana Parpol Rp 5.000 per Suara : Kumparan.com