Fahri Menyinyir Saya Pernah Bilang Bubarkan KPK, Bu Megawati Juga

Fahri Menyinyir Saya Pernah Bilang Bubarkan KPK, Bu Megawati Juga

Fahri Menyinyir Saya Pernah Bilang Bubarkan KPK, Bu Megawati Juga

Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah, kembali menyuarakan pendapatnya soal KPK. Kali ini soal wacana pembekuan KPK yang diutarakan politikus PDIP yang juga anggota pansus angket, Henry Yosodiningrat.

Menurut Fahri, usulan yang sama sudah sering diutarakan dia sebelumnya. Bahkan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri juga pernah bersuara demikian.

“Kalau saya kan sudah bilang bubarkan. Ibu Megawati juga pernah bilang dibubarkan,” kata Fahri di acara peluncuran buku Bambang Soesatyo di salah satu kafe daerah Kebayoran, Jakarta Selatan.

Meski hal itu masih menjadi wacana, Fahri meminta kepada KPK untuk tidak terlalu takut. Baginya, KPK tak harus jadi milik segelintir orang.

Image result for fahri hamzah
Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah

“Kalau menurut saya biarkan itu jadi wacana dan tidak perlu takut. Jadi biarkan kita dengan kepala dingin bahwa yang namanya politik pemberantasan korupsi harus dipikirkan dan harus dibahas. Tidak boleh jadi milik segelintir orang, harus jadi milik semua orang,” jelasnya.

Fahri sendiri mengusulkan untuk menggabungkan beberapa lembaga penegak hukum. Dia memilih untuk mengikuti metode yang sama dengan yang ada di Negara Korea Selatan.

“Saya pandangannya metode Korsel lebih baik. Kuatkan institusi inti penegak hukum (kepolisian dan kejaksaan) baru lalu kemudian lembaga-lembaga yang membantu instiusi itu dijadikan satu. Intinya semua komplain publik itu harus ada yang mendengar,” jelasnya.

“Nanti kita lihat mau bubar, beku, cair nanti kita lihat. Kalau saya santai aja enggak usah khawatir. Santai aja,” tambahnya.

Image result for Ketua Komisi III DPR, Bambang Soesatyo
Ketua Komisi III DPR, Bambang Soesatyo

Sementara, Ketua Komisi III DPR, Bambang Soesatyo, menilai bagaimanapun KPK masih penting. Tapi KPK tetap perlu menerima masukan dari DPR, salah satunya dalam hal penanganan perkara.

“Secara pribadi, KPK itu masih penting. Tapi itu nanti dikiblatkan kepada penanganan kasus-kasus besar yang tidak terpecahkan oleh kejaksaan maupun kepolisian. Sehingga negara punya kemampuan besar, gaji besar bagi penyidik KPK tidak sia-sia. Tidak membunuh nyamuk dengan meriam,” ucap Bambang di lokasi yang sama.

Image result for Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto
Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto

Sebelumnya, Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, sudah meluruskan pernyataan anggotanya terkait pembekuan sementara KPK. PDIP menegaskan bahwa sejak awal angket KPK dijalankan sebagai bagian dari mekanisme pengawasan DPR guna meningkatkan kinerja KPK serta mendorong kerjasama antar lembaga penegak hukum sehingga efektivitas pemberantasan korupsi dapat ditingkatkan.

“Partai tidak berada pada posisi meminta pembubaran atau pembekuan. Rekomendasi yang dipersiapkan Partai tetap bertitik tolak pada tugas KPK di dalam mencegah dan memberantas korupsi, ” jelas Hasto di Jakarta, Sabtu (9/9).

Namun dengan kewenangan yang sangat besar, dan pengalaman di masa sebelumnya terlihat bahwa KPK ternyata bisa dipengaruhi oleh kepentingan di luarnya.

“Atas dasar hal tersebut PDI Perjuangan menegaskan pentingnya penguatan pengawasan internal, termasuk mendorong akuntabilitas dalam keseluruhan proses hukum pemberantasan korupsi agar sesuai dengan standard operating procedure yang ada,” tambah Hasto.

(Baca juga : PDIP BANTAH TERKAIT PERNYATAAN HENRY INGIN MEMBEKUKAN KPK)

 

Sumber Berita Fahri Menyinyir Saya Pernah Bilang Bubarkan KPK, Bu Megawati Juga : Kumparan.com