Gugatan Cerai Ahok Diduga Hanya Settingan untuk Sebuah Rencana Besar

Gugatan Cerai Ahok Diduga Hanya Settingan untuk Sebuah Rencana Besar

Gugatan Cerai Ahok Diduga Hanya Settingan untuk Sebuah Rencana Besar

Kabar mengenai gugatan cerai yang dilayangkan mantan Gubernur DKI, Basuki T Purnama (Ahok) ke istrinya, Veronica Tan, menimbulkan sejumlah pertanyaan yang sampai sekarang belum terjawab.

Kabar tersebut mulai menyeruak setelah beredar surat gugatan cerai yang ditandatangani Ahok.

Surat Gugatan Cerai Ahok yang beredar di jagat maya

Setelah pihak pengacara Ahok memastikan bahwa surat gugatan tersebut benar adanya, publik masih bertanya-tanya apa alasan terdakwa kasus penodaan agama itu menggugat cerai istrinya.

Padahal, selama ini tidak pernah ada kabar buruk terkait rumah tangganya. Ahok dan Veronica beserta anak-anaknya selalu tampak harmonis. Bahkan, pada Natal kemarin, mereka sempat merayakan bersama di Mako Brimob, tempat Ahok ditahan.

Hal itulah yang membuat publik masih belum mempercayai sepenuhnya kabar tersebut.

DR Ma’mun Murod Al-Barbasy, Dosen Uhamka, Jakarta, bahkan menduga gugatan cerai yang diajukan Ahok ke istrinya hanyalah setting-an, dan ada rencana besar di baliknya, sebagaimana yang dia ungkapkan lewat tulisan di Republika, Senin (08/01/2018).

Ma’mun mendasari pemikirannya tersebut dari kondisi rumah tangga Ahok selama ini yang dianggap tidak pernah ada masalah serius.

Selain itu, kata Ma’mun perceraian bukan lah perkara remeh dalam ajaran agama.

Menurut Ma’mun, dalam teologi Katolik maupun Kristen, perkawinan itu bersifat abadi hingga maut menjemput. Prinsip perkawinan ini setidaknya tergambar dalam “perjanjian perkawinan” dalam Katolik maupun Kristen. Karena prinsip perkawinan yang demikian, perceraian dalam perkawinan adalah hal yang tidak dibenarkan dalam Katolik maupun Kristen.

Ma’mun pun mengaku kaget setelah membaca berita terkait gugatan cerai Ahok terhadap istrinya. Dia bertanya-tanya, bukankah Ahok beragama Kristen yang taat yang tidak membenarkan adanya perceraian? Mengapa tiba-tiba ada berita terkait gugatan cerai dari Ahok terhadap istrinya.

Karena prinsip perkawinan dalam Kristen itulah kenapa Ma’mun awalnya sama sekali tidak percaya berita mengenai gugatan cerai tersebut.

Namun setelah membaca beberapa berita di sejumlah media, Ma’mun mulai percaya bahwa gugatan cerai tersebut tampaknya benar adanya.

Kendati demikian, Ma’mun juga tidak serta-merta percaya bahwa gugatan cerai tersebut lazim sebagaimana gugatan perceraian lainnya karena misalnya sudah tidak ada kecocokan dalam rumah tangga. Sebab, dia menilai, sebagai publik figur selama ini tak ada satu pun berita yang mengekspos cerita buruk terkait perkawinan atau suasana kehidupan keluarga Ahok yang dapat menjadi pemicu perceraian.

Berbekal dari pengalaman selama proses Pilkada Jakarta, Ma’mun menduga bahwa kalau lah benar adanya, gugatan cerai ini tak lebih hanya tipu-tipu belaka yang mencoba dilakukan Ahok untuk sebuah rencana besar.

Rumor yang beredar dimasyarakat 

Hal Ahok yang tiba-tiba tak ada hujan tak ada angin melayangkan gugatan cerai terhadap istrinya Veronica Tan ini menjadi pertanyaan dibenak masyarakat, baik pendukung maupun lawan-lawan politik Ahok.

Tentunya Lawan-lawan politik Ahok pun dibuat bingung oleh langkah yang sangat tiba-tiba ini, ada apa gerangan?

Banyak rumor beredar diantara masyarakat mengenai penyebab Ahok menggugat cerai Vero ini, diantaranya :

1. Rumor Perselingkuhan.

Sehari setelah beredar surat gugatan cerai Ahok, muncul foto seorang laki-laki yang digosipkan sebagai faktor penyebab Ahok gugat cerai Vero.

Julianto Tio

Sosok ini dikabarkan adalah seorang pengusaha pemilik PT. TIO NAGA JAYA, beralamat di Pantai Indah Kapuk, Jakarta.

Tapi pengacara Ahok menyanggah bahwa tidak ada masalah perselingkuhan dalam kasus gugatan cerai Ahok ini. Dan pula tidak pernah ada tanda-tanda sebelumnya selama 20 tahun pernikahan mereka yang menunjukkan gejala-gejala ketidak harmonisan pasangan Ahok dan Veronica Tan.

2. Ada rumor yang mengatakan bahwa Ahok akan kembali terjun ke dunia politik namun tidak direstui istrinya.

3. Ada rumor yang mengatakan bahwa Ahok akan maju di Pilpres 2019 mendampingi Jokowi dan akan menjadi mualaf.

Oleh karena didasari kejanggalan-kejanggalan tiba-tiba Ahok menggugat cerai ini lah kemungkinan hanya tipu-tipu belaka yang mencoba dilakukan Ahok untuk sebuah rencana besar.

Kita tunggu saja apa yang terjadi berikutnya, masyarakat banyak berharap dan berdoa keluarga dan pernikahan Ahok terselamatkan.

 

 

Baca juga : Doa untuk Ahok dan Vero dari Fahri Hamzah Hingga Ruben Onsu

 

 

Sumber berita Gugatan Cerai Ahok Diduga Hanya Settingan untuk Sebuah Rencana Besar : glamor.id