Jokowi Turun dari Kereta Pancasila dan Ikut Menonton Karnaval Kemerdekaan

Jokowi Turun dari Kereta Pancasila dan Ikut Menonton Karnaval Kemerdekaan

Jokowi Turun dari Kereta Pancasila dan Ikut Menonton Karnaval Kemerdekaan

Presiden Joko Widodo dan Iriana Widodo menyempatkan diri untuk menyaksikan Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan Tahun 2017 di Bandung, Sabtu (26/8). Keduanya langsung turun dari Kareta Pancasila –truk berhiaskan kepala Burung Garuda–, setelah menempuh perjalanan sejauh 2,2 kilometer dari Gedung Sate.

Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan, Bandung
Iriana Jokowi di Karnaval Kemerdekaan, Bandung (Foto: Foto: Biro Pers Setpres)

Keduanya kompak mengenakan pakaian adat Sunda bernuansa ungu. Jokowi yang apik dengan beskap ungu dan Iket kepala Makuta Sinatria dan Kudjang Naga Salapan Lobang, serta Iriana yang tampil anggun dengan balutan kebaya ungu, ikut menyaksikan karnaval dari podium yang telah disediakan.

Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan, Bandung
Ridwan Kami menemani Jokowi dan Iriana di Bandung (Foto: Foto: Biro Pers Setpres)

Selain menyaksikan karnaval, Jokowi juga mempersilakan warga Bandung untuk berswafoto dengan dirinya. Sejumlah warga pun rela mengantre.

Para peserta karnaval kemudian melanjutkan perjalanan hingga alun-alun Bandung yang berjarak 3 kilometer dari Taman Vanda, sehingga total jarak yang ditempuh oleh peserta adalah 5,2 kilometer.

Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan, Bandung
Salah seorang penampil di Karnaval Kemerdekaan (Foto: Foto: Biro Pers Setpres)

Selain Jokowi dan Iriana, turut hadir pula Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan, Bandung
Jokowi menyalami penonton Karnaval Kemerdekaan (Foto: Foto: Biro Pers Setpres)

Di lokasi yang sama, Pratikno menjelaskan berbagai potensi yang ada dalam kegiatan karnaval kemerdekaan kali ini. Salah satunya, antara lain membangun nilai-nilai sosial yang ada di masyarakat.

“Ya banyak sekali, yang jelas ini sebagai basis kultural yang luar biasa dengan kekayaan kita. Kemudian ini membangun kekuatan sosial yang luar biasa seperti solidaritas, toleransi, dan lain-lain, tapi jangan lupa juga politik,” ujar Pratikno dalam keterangan pers Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, yang diterima kumparan.

Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan, Bandung
Arak-arakan Presiden Jokowi di karnaval, Bandung (Foto: Foto: Biro Pers Setpres)

Pratikno menuturkan, pemerintah akan terus mengajak masyarakat untuk bekerja sama menghadapi era kompetisi di masa mendatang.

“Kita konsisten ya, pesan kita jelas sebagai bangsa majemuk kita bersama harus melakukan lompatan kemajuan, bersaing dalam persaingan global yang ketat,” ungkapnya.

Senada dengan Pratikno, Triawan Munaf mengatakan, keberagaman adalah potensi pengembangan pariwisata. “Tidak ada negara di dunia ini seberagam Indonesia. Tapi kita jangan tenggelam pada keberagaman budaya tanpa mengelola dan mengawasinya,” ucap Triawan.

Jokowi melayani permintaan selfie warga
Jokowi melayani permintaan selfie warga (Foto: Dok. Biro Pers Setpres)

Intinya, kata Triawan, Indonesia sudah memiliki potensi itu. “Yang belum adalah pengemasan yang lebih baik. Saya harus akui pengemasan kita belum sempurna. Masih banyak yang perlu diperbaiki,” kata Triawan.

Penampilan Jokowi di Karnaval Kemerdekaan
Penampilan Jokowi di Karnaval Kemerdekaan (Foto: Dok. Biro Pers Setpres)

Setelah seluruh peserta melewati Taman Vanda pukul 17.30 WIB, Jokowi dan Iriana meninggalkan lokasi untuk melanjutkan perjalanan menuju Pangkalan TNI AU Husein Sastranegara Bandung.

Presiden Jokowi di Festival kemerdekaan, Bandung
Presiden Jokowi di Festival kemerdekaan, Bandung (Foto: Dok. Biro Pers Setpres)

Karnaval ini melanjutkan tradisi penutup puncak perayaan bulan kemerdekaan dengan dengan karnaval rakyat. Sebelumnya di tahun 2015, perayaan kemerdekaan bertajuk ‘Karnaval Khatulistiwa’ diadakan di Pontianak, Kalimantan Barat. Lalu tahun 2016 ‘Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba’ diselenggarakan di Parapat dan Balige, Sumatera Utara.

Jawa Barat khususnya Kota Bandung, terpilih menjadi lokasi penyelenggaraan lantaran memiliki banyak seni dan komunitas kreatif.

Jokowi membagikan buku di Karnaval Kemerdekaan
Jokowi membagikan buku di Karnaval Kemerdekaan (Foto: Dok. Biro Pers Setpres)

 

 

Sumber Berita Jokowi Turun dari Kereta Pancasila dan Ikut Menonton Karnaval Kemerdekaan : Kumparan.com