Kasus E-KTP Tak Akan Ganggu Stabilitas Nasional

Kasus E-KTP Tak Akan Ganggu Stabilitas Nasional

Kasus E-KTP Tak Akan Ganggu Stabilitas Nasional

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh tidak yakin kasus dugaan korupsi proyek e-KTP menyebabkan guncangan politik yang berimbas pada terganggunya stabilitas nasional.

“Stabilitas nasional kiranya tidak lah membawa suatu guncangan yang luar biasa,” ujar Paloh, di Kompleks Istana Presiden, Kamis (9/3/2017) kemarin.

Ia berpendapat, kasus proyek e-KTP lebih mengganggu jalannya roda partai politik karena banyaknya nama politisi yang tercantum di dakwaan atas dugaan menerima fee.

“Mungkin terganggu mekanisme daripada koordinasi, singkronisasi sesaat. Karena kesibukan fungsionaris (partai politik) menghadapi peradilan dan penegak hukum lainnya,” lanjut Paloh.

Ia menekankan, yang terpenting, dalam prosesnya tetap menjunjung asas praduga tak bersalah.

“Kami hargai betul asas praduga tak bersalah. Salah lah kita jika kita men-judgement seseorang. Saya sedih sekali itu. Apalagi itu rekan kita sendiri kan,” ujar Paloh.

“Bagaimanapun, kepahitan yang diderita dan dirasakan institusi partai politik yang ada, adalah bagian dari kepahitan yang kami rasakan juga,” lanjut dia.

Ia akan terus memantau jalannya perkara ini. Paloh mengaku sangat menghargai jalannya proses hukum kasus itu dan berharap agar prosesnya berjalan terbuka dan adil.

Sumber berita ( Kasus E-KTP Tak Akan Ganggu Stabilitas Nasional ) : kompas.com