Laporan Berita Hoax soal Prabowo, 1 Flasdisk Jadi Barang Bukti

Laporan Berita Hoax soal Prabowo, 1 Flasdisk Jadi Barang Bukti

Laporan Berita Hoax soal Prabowo, 1 Flasdisk Jadi Barang Bukti

Perwakilan Partai Gerindra melaporkan sebuah pemberitaan ke Bareskrim karena diduga mengandung unsur ujaran kebencian dan termasuk sebagai berita palsu atau hoax.

Sadi Bahri, pelapor yang menjabat Sekertaris Umum Lembaga Advokasi Hukum Indonesia Raya DPP Partai Gerindra itu menyerahkan bukti berupa screen capture berita yang dimaksud.

“Kami sudah serahkan barang bukti ada 1 flash disk dan ada 3 print out dari screen capture berita tersebut,” ujar Said Bahri usai mendaftarkan laporan di Bareskrim, Jakarta Pusat, Sabtu (9/9).

Said menilai berita yang dimuat oleh tribungroup.com itu mengandung unsur berita yang fitnah dan keji terkait pemberitaan yang dianggap memojokkan Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto. Hal tersebut yang kemudian menjadi dasar dari pelaporan ke Bareskrim.

“Dalam hal ini oleh karenanya kami lakukan pelaporan karena berita ini adalah merupakan berita yang amat keji dan memojokkan ketua umum kami karena berupa fitnah,” ujar dia.

Pelaporan berita hoax yang memberatkan Prabowo
Pelaporan berita hoax yang memberatkan Prabowo (Foto: Aprilandika Pratama/kumparan)

Said meminta pada pihak yang menjadi dalang tersebarnya rekayasa berita tersebut untuk segera menyerahkan diri. Dia menyebut bahwa Partai Gerindra selalu memberikan perhatian ihwal penanganan maraknya berita hoax yang merugikan pihak tertentu.

“Oleh karenanya kami ingatkan sekali lagi kami sampaikan pada pelaku yang menyebarkan berita hoax ini, kalian tidak bisa sembunyi dan akan terus diselidiki dan ditelusuri okeh bareskrim polri,” kata Said.

Dalam berita pelaporan yang tersebut, Said melaporkan pemilik website tribungroup.com terkait dugaan tindak pidana menyebarkan informasi yang menimbulkan rasa kebencian sebagaimana dimaksud dalam pasal 28 ayat 2 Undang-Undang Nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 tahun 2008 tentang ITE.

(Baca juga : BEREDAR BERITA BAKAR SEKOLAH PERINTAH PRABOWO, GERINDRA LAPORKAN HOAX KE BARESKRIM)

 

Sumber Berita Laporan Berita Hoax soal Prabowo, 1 Flasdisk Jadi Barang Bukti : Kumparan.com