Menteri Susi Menantang Bersihkan Danau Sunter, Beginilah Jawaban Anies-Sandi

Menteri Susi Menantang Bersihkan Danau Sunter, Beginilah Jawaban Anies-Sandi

Menteri Susi Menantang Bersihkan Danau Sunter, Beginilah Jawaban Anies-Sandi

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyinggung kondisi perairan di utara Jakarta yang banyak sampah. Dia meminta Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti membantu membersihkan itu.

“Kami minta bantuan juga ke Bu Susi. Bantu bersihin perairan karena perairain kita itu, kemarin saya ke Pulau Seribu itu sampahnya luar biasa,” ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Rabu (29/11/2017).

Anies mengatakan, Pemprov DKI Jakarta juga menyiapkan kapal-kapal pembersih sampah. Namun, dia ingin pemerintah pusat ikut membantu karena sampah yang ada di sana bukan hanya berasal dari warga Jakarta.

Image result for menteri susi danau sunter

“Sebagian sampah-sampah itu, namanya juga air laut, enggak semuanya datang dari sungai di Jakarta. Tapi juga dari daerah lain,” kata Anies.

Anies menyampaikan itu setelah ditanya tentang tantangan Susi untuk membuat Danau Sunter seperti Danau Jenewa di Swiss. Terkait itu, Anies berkomitmen akan membuat danau di Jakarta jernih. Namun permasalahan harus diselesaikan satu per satu.

Anies pun ditanya apakah permintaan untuk membersihkan perairan Jakarta merupakan tantangan balik. Dia menegaskan hak itu bukan tantangan balik.

“Oh bukan tantang balik. Kita sama-sama bersihin. Saya bersihin danau, Bu Susi bersihin perairan Jakarta,” kata Anies.

Kondisi danau Sunter, Jakarta Utara, Rabu (29/11/2017). Menteri kelautan dan perikanan Susi Pudjiastuti berharap danau Sunter dapat dibuat seperti danau Jenewa di Swiss dibawah pemerintahan Anies Sandi.

Ditantang Menteri Susi Jadikan Danau Sunter seperti di Geneva

Sandiaga: Danau Geneva dan Danau Sunter “Jomplang” Banget

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan, luas Danau Geneva di Swiss dan Danau Sunter di Jakarta Utara sangat berbeda. Luas Danau Geneva seperti Danau Toba di Sumatera Utara.

“Perbandingannya luar biasa bedanya, jomplang banget. Danau Geneva itu gedenya minta ampun, itu kayak segede Danau Toba. Sementara kita, Danau Sunter itu kan mungil,” ujar Sandiaga di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (29/11/2017).

Sandiaga mengatakan pernah menyusuri Danau Geneva menggunakan kapal. Dari sanalah dia mengetahui perbedaan luas Danau Geneva dan Danau Sunter.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Senin (27/11/2017).

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno di Balai Kota DKI Jakarta

“Kebetulan saya pernah naik kapal dari Geneva ke Vevey di Danau Geneva itu,” kata dia.

Meski luasnya berbeda, Sandiaga menerima tantangan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti untuk menjadikan Danau Sunter seperti Danau Geneva. Dia mengaku akan memikirkan cara untuk mempercantik Danau Sunter.

“Tantangan saya terima, dan Bu Susi terima kasih sudah memberikan challenge,” ucap Sandiaga.

Susi memuji Danau Geneva saat menghadiri Forum Tahunan Bisnis dan HAM di kantor Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) baru-baru ini. Danau Geneva itu sekaligus mengingatkan Susi pada sebuah tempat di Jakarta yang menurut dia bisa ditata seperti itu.

Image result for menteri susi danau sunter

Ditantang Menteri Susi Jadikan Danau Sunter seperti di Geneva

“Ada waktu luang, makan siang di danau. Angsanya cantik, danaunya jernih. Pak Sandi pasti pernah ke sini,” kata Susi kepada Kompas.com pada Selasa (28/11/2017).

Menurut Susi, Sandiaga seharusnya bisa membuat danau yang ada di Jakarta sebagus dan seindah Danau Geneva. Salah satu danau yang dinilai Susi bisa dijadikan seperti Danau Geneva adalah Danau Sunter.

“Sekarang beliau punya power dan authority di Jakarta. Saya yakin Danau Sunter bisa dibikin seperti ini, setuju enggak penonton? Mari sampaikan ke Pak Anies dan Pak Sandi,” kata Susi.

Simak video dibawah ini:

 

 

Sumber Berita Menteri Susi Menantang Bersihkan Danau Sunter, Beginilah Jawaban Anies-Sandi : Kompas.com, kompas.com