Menteri Susi Polisikan Aktivis Nelayan Ke Bareskrim Dugaan Penghinaan

Menteri Susi Polisikan Aktivis Nelayan Ke Bareskrim Dugaan Penghinaan

Menteri Susi Polisikan Aktivis Nelayan Ke Bareskrim Dugaan Penghinaan

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti melaporkan Ketua Umum Front Nelayan Indonesia Rusdianto Samawa ke Bareskrim Polri. Susi melaporkan Rusdianto atas dugaan penghinaan dan pencemaran nama baik melalui media sosial.

Laporan itu teregistrasi pada 6 Juli 2017 dengan nomor LP/664/VII/2017/Bareskrim. Susi melaporkan Rusdianto dengan tuduhan melanggar Pasal 45 ayat 3 juncto Pasal 27 ayat 3 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE dan/atau Pasal 310 dan/atau Pasal 311 KUHP tentang Penghinaan dan Pencemaran Nama Baik.

Image result for Ketua Umum Front Nelayan Indonesia Rusdianto Samawa
Ketua Umum Front Nelayan Indonesia Rusdianto Samawa

“Kasusnya sudah lama dilaporkan. Sudah sampai tahap penyidikan sekarang. SPDP (Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan) sudah terbit dari kemarin-kemarin,” kata Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigjen Fadil Imran kepada detikcom, Jumat (11/8/2017).

Fadil mengatakan dugaan penghinaan dan pencemaran nama baik yang dimaksud Susi terdapat dalam video yang diunggah Rusdianto di akun Facebook dan YouTube-nya. Fadil menerangkan penyidik belum menetapkan terlapor Rusdianto sebagai tersangka. Status Rusdianto saat ini adalah sebagai saksi.

Image result for Bareskrim Polri Brigjen Fadil Imran
Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigjen Fadil Imran

“(Video yang dilaporkan) akun YouTube Rusdianto Samawa dan Facebook-nya. Statusnya (Rusdianto) masih saksi. SPDP sudah ada. Tapi tersangkanya belum,” jelas Fadil.

Menurut Fadil, penyidik sudah meminta keterangan kepada para saksi dan ahli dalam kasus ini. Rencananya, penyidik akan memeriksa Rusdianto pada Senin (14/8).

“Sudah di-BAP beberapa saksi dan ahli. Dan rencana hari Senin, panggilan kedua terhadap Saudara Rusdianto Samawa selaku saksi terlapor,” ujarnya.

Berikut inilah video yang menghina Jokowi dan Susi Pudjiastuti :

 

 

Sumber Berita Menteri Susi Polisikan Aktivis Nelayan Ke Bareskrim Dugaan Penghinaan : Detik.com