Presiden Jokowi Sudah Tugaskan Mentri Luar Negeri Ke Myanmar

Presiden Jokowi Sudah Tugaskan Mentri Luar Negeri Ke Myanmar

Presiden Jokowi Sudah Tugaskan Mentri Luar Negeri Ke Myanmar

Presiden Joko Widodo menanggapi kekerasan terhadap etnis Rohingya di Rakhine, Myanmar. Dia mengatakan, telah memerintahkan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi untuk terbang langsung ke negara yang dipimpin Presiden Htin Kyaw.

Setelah mendapat perintah dari Jokowi, Retno berangkat pada sore ini, Minggu (3/9). Retno juga telah ditugaskan berkomunikasi dengan berbagai pihak untuk mengupayakan kekerasan segera berakhir.

“Saya telah menugaskan Menlu Republik Indonesia menjalin komunikasi intensif dengan berbagai pihak termasuk Sekjen PBB Bapak Antonio dan Komisi Penasehat Khusus untuk Rakhine State Bapak Kofi Annan dan sore tadi Menlu telah berangkat ke Myanmar untuk meminta pemerintah Myanmar agar menghentikan segala kekerasan,” kata Jokowi di Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat.

Konferensi Pers Jokowi Soal Rohingya
Konferensi pers Jokowi soal Rohingya. (Foto: Yudhistira/kumparan)

Dalam pernyataan, Jokowi juga menyesalkan adanya kekerasan rasial di Rakhine yang terjadi dalam beberapa pekan belakangan. Namun, dia juga menegaskan, perlu aksi nyata untuk menghentikan pelanggaran hak asasi manusia tersebut.

“Perlu sebuah aksi nyata bukan hanya pernyataan kecaman-kecaman dan pemerintah berkomitmen terus untuk membantu krisis kemanusiaan bersinergi dengan kekuatan masyarakat sipil Indonesia dan juga masyarakat internasional,” jelasnya.

Selain itu, Jokowi pun meminta Myanmar bisa memberikan perlindungan bagi semua warga termasuk umat Muslim di negara itu. Indonesia ditambahkan Jokowi juga telah mengirimkan obat-obatan dan makanan bagi Rohingnya.

“Agar memberikan perlindungan kepada semua warga termasuk Muslim di Myanmar. Agar memberikan akses bantuan kemanusiaan. Untuk penangan kemanusiaan dari konflik tersebut pemerintah telah memberikan bantuan makanan dan obat-obatan,” ucap Jokowi.

https://youtu.be/RRBK3SFTDOo

 

 

Sumber Berita Presiden Jokowi Sudah Tugaskan Mentri Luar Negeri Ke Myanmar : Kumparan.com