Sandi Bangun Tanpa Utang, Timses Jokowi: Sepertinya Mau Nipu Rakyat

Sandi Bangun Tanpa Utang, Timses Jokowi: Sepertinya Mau Nipu Rakyat

Sandi Bangun Tanpa Utang, Timses Jokowi: Sepertinya Mau Nipu Rakyat

Juru bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Irma Suryani Chaniago mengingatkan cawapres Sandiaga Uno yang berjanji akan membangun infrastruktur tanpa membebani APBN dengan utang. Irma mengingatkan Sandiaga agar tidak asal memberi pernyataan tanpa perhitungan yang jelas.

“Jadi jangan ngomong terlalu berlebihan, jangan asal mau menang kemudian diomongin senak-enaknya, kemudian malah semuanya malah tidak dipertanggung jawabkan, kan tidak bisa juga. Kalau kita ngomong itu kan ada ukurannya, ada ukuran kenapa kita bisa ngomong begitu, apa solusinya coba?,” kata Irma saat dihubungi, Sabtu (8/12/2018).

Irma lalu melanjutkan, jika Sandiaga berjanji akan melakukan pembangunan tanpa berutang, lantas dari mana uang yang akan dipakai untuk membangun. Irma pun menyinggung bunga dari utang Indonesia di periode presiden sebelumnya.

“Dia (Sandiaga) ngomong, dia akan melakukan pembangunan tanpa utang, dari mana duitnya? Asalnya dari mana duitnya? Duitnya berasal dari mana, coba gitu dulu. Jangan asal dia ngomong kalau membangun tidak pakai utang, coba pengen saya tahu,” ujarnya.

“Bayar bunga utang luar negeri kita dari periode-periode sebelumnya kita terus bayar. Ini juga jangan sampai kemudian ‘yang penting gue menang, persoalan masyarakat ketipu nggak ada urusan’. Itu jangan sampai seperti itu, ya siapapun yang berbicara jangan sampai terjadi seperti itu,” lanjut Irma.

Menurut Irma, semua negara di dunia itu memiliki utang. Dia pun mengajak Sandiaga untuk berkaca pada diri sendiri sebagai bangsa Indonesia, apakah anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) sudah cukup untuk melakukan pembangunan.

“Tidak bisa juga ngomong dengan tidak berdasarkan postur anggaran yang sudah ada. Kan kita punya utang berapa, APBN kita berapa, kan harus ada hitung-hitungannya. Jadi tidak bisa juga berbicara seperti itu (membangun tanpa membebani APBN dengan utang),” tuturnya.

Irma menilai, pernyataan Sandiaga yang berjanji akan melakukan pembangunan infrastruktur tanpa membebani APBN seolah-olah menafikkan kondisi perekonomian negara yang sebenarnya. Irma pun menyebut beberapa negara termasuk negara maju lainnya seperti Amerika Serikat (AS) yang juga memiliki utang luar negeri.

“Jangan karena kita kepengen menang jadi semua diumbar gitu ya, nah terus pertanggungjawabannya seperti apa? Ini seolah-olah begini, yang penting menang dulu, soal nanti yang penting belakangan. Dipenuhi atau tidak dipenuhi ‘emang gue pikirin’. Nah ini yang sepertinya yang saya tangkap begitu, ‘yang penting gue menang dulu, rakyat ketipu nggak ada masalah’, istilahnya,” ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, Sandiaga berjanji membangun infrastruktur jika dirinya dan Prabowo terpilih pada Pilpres 2019 nanti. Ia mengaku bakal membangun infrastruktur tanpa membenani anggaran dengan utang.

“Pak Prabowo dan saya ingin insyaallah infrastruktur kita bangun. Kita bangun juga segi-segi ekonomi lain dan infrastruktur itu tidak perlu membebani utang kepada bangsa kita,” kata Sandiaga, di Jalan Ciledug Raya, Petukangan, Jakarta Selatan, Sabtu (8/12).

 

 

Baca juga : Sandiaga Janji Bangun Infrastruktur Tanpa Bebani Anggaran dengan Utang

 

 

Sumber berita Sandi Bangun Tanpa Utang, Timses Jokowi: Sepertinya Mau Nipu Rakyat : detik.com