Sandi Serahkan Soal Reuni 212 ke Anies: Saya Enggak Ngurus Itu

Sandi Serahkan Soal Reuni 212 ke Anies: Saya Enggak Ngurus Itu

Sandi Serahkan Soal Reuni 212 ke Anies: Saya Enggak Ngurus Itu

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menyerahkan seluruh persoalan izin teknis penggunaan Monumen Nasional atau Monas untuk reuni akbar Alumni 212 kepada Gubernur Anies Baswedan. Kegiatan yang dikabarkan akan dihadiri Ketua FPI Rizieq Shihab itu digelar sekaligus untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW pada Sabtu, 2 Desember 2017 mendatang.

“Itu nanti urusan Pak Anies,” kata Sandiaga di Balai Kota DKI Jakarta, Senin, 27 November 2017.

Ketua Presidium Alumni 212, Slamet Maarif, mengatakan pihaknya mengerahkan sekitar satu juta umat untuk memeriahkan reuni akbar 212 sekaligus merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW di Monas. Pada tabligh akbar itu alumni 212 diagendakan akan mengawali acara dengan melaksanakan salat subuh berjamaah di Monas dan dilanjutkan dengan zikir serta pemberian santunan kepada anak yatim.

Sandiaga Uno Serahkan Soal Reuni 212 di Monas ke Anies Baswedan
Demo 212 Tercoreng Rencana Makar

Namun sampai saat ini, Sandiaga Uno juga belum tahu soal undangan untuk menghadiri reuni Aksi Bela Islam 212. “Mungkin Pak Anies yang diundang,” kata dia.

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis meminta aksi tersebut sebaiknya digelar di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat agar aman terkendali. Menanggapi hal itu, Sandiaga juga mengatakan boleh-boleh saja selama ada pengamanan dari pihak kepolisian.

“Masjid Istiqlal juga luas, jadi di sana juga bisa diselenggarakan acara reuni itu,” kata Sandiaga Uno

Reuni Akbar Alumni 212 (NOT COVER)
Reuni Akbar Alumni 212 (Foto: Istimewa)

Anies soal Reuni 212: Saya Enggak Ngurus Itu

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tak ingin mengurusi penyelenggaraan Reuni Akbar Aksi 212 yang akan diselenggarakan di kawasan Monumen Nasional, Sabtu (2/12) nanti. Hal tersebut dinyatakan Anies saat ditanya saran Polda Metro Jaya mengenai penyelenggaraan reuni akbar aksi 212 yang sebaiknya dipindahkan ke Masjid Istiqlal.

“Saya enggak ngurus itu,” kata Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (27/11). Tanpa memberikan keterangan lebih lanjut, Anies langsung masuk ke mobil untuk mengikuti agenda berikutnya, yaitu melakukan pemeriksaan di Tambora.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Foto: Kelik Wahyu Nugroho/kumparan)

Keengganan untuk menjawab hal tersebut tidak hanya ditunjukkan Anies. Sebelumnya, Wakil Gubernur Sandiga Uno juga tak mau memberi pernyataan soal reuni aksi 212 itu. Sandi menjelaskan, ia tidak memiliki kapasitas untuk menjawab hal tersebut.

“Itu nanti Pak Anies yang jawab,” kata Sandi.

Diketahui, seluruh kegiatan di Monas harus mendapat persetujuan Anies selaku gubernur. Terlebih, saat ini Anies telah mengubah larangan mengadakan kegiatan keagamaan di Monas.

Soal perizinan, sebelumnya, Ketua Presidium Alumni 212 Slamet Ma’arif, menegaskan Pemprov DKI sudah memberikan izin untuk semua acara keagamaan di Monas, sehingga dia optimistis tidak ada kendala perizinan.

“Kan kawasan Monas izinnya ke Gubernur, tugas kepolisian mengamankan. Nanti keamanan intern kita juga ada disiapkan 2.000 keamanan,” tutur Slamet kepada kumparan (kumparan.com), Kamis (23/11).

Slamet Maarif Ketua Presidium 212.
Slamet Maarif Ketua Presidium 212. (Foto: Johanes/kumparan)

Aturan pelarangan kegiatan keagamaan di Monas sebelumnya tercantum dalam Surat Keputusan (SK) Gubernur DKI Jakarta Nomor 150 Tahun 1994 tentang Penataan Penyelenggaraan Reklame di Kawasan Taman Medan Merdeka (Monumen Nasional). Namun, aturan tersebut kini sudah diubah, sehingga masyarakat bisa menggelar kegiatan keagamaan di Monas.

Reuni Aksi 212 mendatang sekaligus memperingati satu tahun aksi 212 saat momen Pilkada DKI Jakarta beberapa waktu lalu. Aksi tersebut dilkukan sebagai reaksi sejumlah ormas Islam terhadap kasus penodaan agama oleh mantan Gubernur DKI Basuki Tjahja Purnama (Ahok) yang saat itu menjadi kandidat Gubernur petahana. Diperkirakan sekitar ratusan ribu hingga 1 juta massa akan memenuhi Monas pada Sabtu nanti.

 

(Baca juga: GELAR REUNI AKBAR DI MONAS ALUMNI 212 KLAIM KANTONGI IZIN DARI ANIES)

 

Sumber Berita Sandi Serahkan Soal Reuni 212 ke Anies: Saya Enggak Ngurus Itu : Tempo.co, Kumparan.com