Sebut Lahan Djoni Hidajat Milik PT Japirex, Sandi Tak Perlihatkan Bukti

Sebut Lahan Djoni Hidajat Milik PT Japirex, Sandi Tak Perlihatkan Bukti

Sebut Lahan Djoni Hidajat Milik PT Japirex, Sandi Tak Perlihatkan Bukti

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga S Uno terseret persoalan penjualan sebidang lahan yang diklaim milik Djoni Hidajat, salah satu eks direktur PT Japirex. Namun Sandi menegaskan lahan tersebut milik PT Japirex.

“Tanah itu sudah berpuluh-puluh tahun milik PT Japirex,” tegas Sandiaga kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (30/1/2018).

Sebelumnya, polisi menyebut salah satu lahan yang dijual adalah atas nama Djoni. Sandiaga sendiri tidak menjelaskan apakah ada pengalihan aset milik Djoni ke atas nama PT Japirex.

Sandiaga hanya menjelaskan aset tersebut dijual seriring dengan likuidasi PT Japirex. “Karena prospek yang sudah tidak baik lagi, tidak cerah lagi, semuanya sudah mengacu pada ketentuan perundang-undangan dan hukum,” tuturnya.

Sandiaga menegaskan lahan tersebut dijual seiring dengan dilikuidasinya PT Japirex. Djoni Hidajat, yang menjadi salah satu tim likuidator, menyetujui penjualan lahan tersebut.

“Jadi waktu dilikuidasi, PT Japirex sudah menjual dan Pak Djoni sudah menyetujui juga,” tuturnya.

Sandiaga mengatakan Djoni telah menerima kompensasi atas penjualan lahan tersebut. Hanya, Sandiaga tidak membeberkan berapa kompensasi yang diberikan kepada Djoni atas penjualan aset tersebut.

“Menurut RUPS dan keterangan Pak Andreas, itu nanti akan didalami dan jadi bagian temuan nantinya dan bagi saya pribadi ini adalah kasus yang sangat terang-benderang dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan untuk kita berspekulasi, bahwa ini adalah murni kasus perdata dan kita kooperatif dengan pihak kepolisian,” tandasnya.

Andreas Tjahjadi direktur PT Japirex telah jadi tersangka, namun Sandiaga sebagai Komisarisnya masih berstatus saksi

Sandiaga berkedudukan sebagai komisaris utama serta pemegang 40 persen saham. Andreas memegang 60 persen saham PT Japirex, sedangkan Djoni, yang merupakan salah satu direktur di perusahaan, tidak memiliki saham.

“Pak Djoni tidak memegang saham selembar pun,” tegas Sandi.

Sandiaga tetap berpikiran positif terkait pemeriksaan polisi itu. Ia menyatakan tidak terlibat dalam persoalan pidana. Sandiaga sendiri meminta pendapat sejumlah tokoh terkait kasus yang menderanya itu.

“Saya husnuzan, bahwa ini proses yang harus kita dukung. Sudah saya laporkan kepada pimpinan dan ke Pak Prabowo kemarin, dan semua arahannya untuk sangat kooperatif karena sangat clear. Ini masalah yang nyata dan unsurnya unsur perdata sekali dan kebetulan ada gugatan perdata juga yang sedang berlangsung,” pungkas Sandi.

 

 

Baca juga : Polisi Mengatakan Sandiaga Tanda Tangani Penjualan Lahan Milik Pelapor

 

 

Sumber berita Sebut Lahan Djoni Hidajat Milik PT Japirex, Sandi Tak Perlihatkan Bukti : detik.com