Video Presiden Jokowi Marah Besar, APBN & APBD Diecer-Ecer Tidak Produktif

Video Presiden Jokowi Marah Besar, APBN & APBD Diecer-Ecer Tidak Produktif

Video Presiden Jokowi Marah Besar, APBN & APBD Diecer-Ecer Tidak Produktif

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikenal sebagai sosok yang berbicara dengan lembut dan kalem. Bahkan, pada bawahannya sekalipun.

Namun, baru-baru ini sebuah video yang menunjukkan amukan Jokowi tiba-tiba viral di media sosial. Pasalnya, dalam video itu Presiden Jokowi terlihat menyampaikan pidato dengan nada yang meninggi.

Diketahui video tersebut diambil saat Presiden menyampaikan sambutan dalam acara penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018.

Dalam acara yang digelar Rabu (6/12/2017) lalu di Istana Bogor ini Presiden Jokowi menyerahkan DIPA APBN 2018 kepada semua kementerian, lembaga, dan gubernur di Indonesia.

Namun, ketika membahas soal penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA), kemarahan Jokowi muncul. Sebab, menurut Jokowi penyusunan RKA selama ini tidak tepat sasaran. Terlebih lagi, kesalahan ini terjadi di hampir 90 persen daerah.

“Yang terjadi adalah penyusunan RKA DKL maupun dinas biasanya malah fokus pada kegiatan pendukungnya. Bukan kegiatan intinya. Ini sudah saya lihat di kementerian,” tutur Jokowi, dilansir tribunnews.com.

Jokowi kemudian mencontohkan soal pemulangan Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Menurut Jokowi, untuk pemulangan TKI anggarannya adalah Rp 3 Miliar. Namun ternyata, hanya Rp 500 juta yang digunakan untuk pemulangan.

Sementara Rp 2,5 miliar lainnya malah digunakan untuk rapat di dalam dan luar kantor, rapat koordinasi, perjalanan daerah, ATK, dan lain-lain.

“Ini nggak bisa lagi seperti ini. Ini hampir semuanya. Model-model seperti ini. Kementerian, lembaga, daerah sama,” tegas Jokowi.

Video amukan Jokowi pada bawahannya ini pun viral dan diperbincangkan di media sosial. Meski Jokowi tampak marah dalam video, netizen tetap memberikan apresiasi untuknya.

“Mereka pikir ga di periksa…. ternyata di pelototin ama Presiden @jokowi. Malu kan,” komentar akun @YgGregory

Tak sedikit yang memuji kemarahan Jokowi tersebut. “marahnya pakde tetap ELEGAN dan CLEAR apa yg jadi masalah dan solusinya,” tulis akun @masomjk.

Berikut videonya dari menit ke 29:00 dibawah ini:

https://youtu.be/oteq-ubJo3k

 

 

Sumber Berita Video Presiden Jokowi Marah Besar, APBN & APBD Diecer-Ecer Tidak Produktif : Tribunnews.com