Viral Video Ahmad Dhani Kaitkan NU dengan Nasakom, Ketua PBNU: NU Bukan Pendukung PKI!

Viral Video Ahmad Dhani Kaitkan NU dengan Nasakom, Ketua PBNU: NU Bukan Pendukung PKI!

Viral Video Ahmad Dhani Kaitkan NU dengan Nasakom, Ketua PBNU: NU Bukan Pendukung PKI!

Video Ahmad Dhani mengaitkan Nahdlatul Ulama (NU) dengan nasakom (nasionalis, agama, komunis) viral di media sosial. Ketua PBNU, Robikin Emhas, menyatakan bahwa NU bukanlah pendukung PKI.

“Di tahun politik ini ada saja yang menarasikan seolah-olah NU akan menjadi pendukung Nasakom (Nasionalis, Agama, Komunisme) baru kalau Jokowi menang Pilpres. Ilusif dan a-historis. Narasi keliru yang disampaikan tersebut didasarkan karena NU di masa Bung Karno berkuasa pernah mendukung Nasakom,” kata Ketua Pengurus Harian Tanfidziyah PBNU, Robikin Emhas, lewat keterangan tertulis, Jumat (8/2/2019).

Robikin menegaskan bahwa NU bukan pendukung PKI dan selalu terdepan mendorong pembubaran PKI. Dia menjelaskan alasannya.

“Perlu dicatat, NU bukan pendukung PKI. Setelah pemberontakan G 30 S/PKI, NU bahkan berada di garda terdepan menuntut pembubaran PKI. Mengapa? Karena paham Islam ahlu sunnah wal jamaah dan visi kebangsaan yang dianut NU tak memberi ruang bagi tafsir PKI terhadap sila pertama Pancasila dan pemberontakan yang dilakukan PKI,” ungkapnya.

Dia lalu memaparkan sejarah soal dukungan NU ke Nasakom di era demokrasi terpimpin. Saat itu, NU merupakan benteng Islam dari ancama komunis.

“Sejarah mencatat, dukungan NU terhadap Nasakom pada era demokrasi terpimpin kala itu selain atas pertimbangan keutuhan NKRI, justru sebagai bandul politik untuk membendung laju komunis yang kala itu pengaruhnya makin meluas. NU menempatkan diri menjadi benteng Islam dari kemungkinan ancaman komunis. Apalagi kala itu NU boleh dibilang sebagai satu-satunya kekuatan politik Islam usia pembubaran Masyumi karena terlibat PRRI/Permesta,” ujar Robikin.

Sebelumnya diberitakan, dalam video yang viral, Ahmad Dhani, menyebut nasakom (nasionalis, agama, komunis) yang menurutnya didukung PKI dan Nahdlatul Ulama (NU). Dhani juga menyinggung tentang organisasi Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) yang dibubarkan pemerintah.

“Dulu pendukung nasakom, banyak anak-anak NU, meskipun yang sudah di PBNU, teman-teman saya nggak paham itu bahwa dulu yang dukung nasakom bersama PKI dalam komunisnya PKI itu NU. Nah sekarang ini mereka sudah bergabung PDIP, NU dengan komunisnya nih. Jadi HTI itu tidak ada apa-apanya dengan nasakom. HTI tidak merubah ideologi Pancasila,” kata Dhani.

Menurut pengacara Dhani, Hendarsam Marantoko, apa yang dibahas Dhani dalam video tersebut bukan suatu hal yang perlu diperdebatkan. Hendarsam menyebut Dhani hanya bercerita sejarah tentang nasakom.

“Nggak ada juga yang perlu dijadikan kontroversi karena apa yang diceritakan di sana itu kan adalah sejarah. Mas Dhani hanya menceritakan sejarah bahwa pada saat itu, di masa itu bahwa memang ada, Bung Karno itu menciptakan suatu apa namanya itu, bukan ideologi ya, untuk mempersatukan ketiga unsur terbesar di Indonesia ya kan yang membuat itu dengan istilah nasakom kan, nasionalis, agama, komunis pada saat itu. Bahwa nggak ada yang salah,” kata Hendarsam saat dimintai konfirmasi detikcom, Kamis (7/2).

 

Baca juga: VIRAL VIDEO AHMAD DHANI KAITKAN NU-PDIP DAN NASAKOM, INI KATA PENGACARA

 

Sumber Berita Viral Video Ahmad Dhani Kaitkan NU dengan Nasakom, Ketua PBNU: NU Bukan Pendukung PKI!: Detik.com