Didata dan Dipasang Stiker, Ratusan Penarik Becak Merasa Senang

Didata dan Dipasang Stiker, Ratusan Penarik Becak Merasa Senang

Didata dan Dipasang Stiker, Ratusan Penarik Becak Merasa Senang

Ratusan becak yang beroperasi di wilayah Pejagalan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, didata dan dipasangi stiker oleh petugas kelurahan dan Dishub DKI Jakarta, Kamis (25/1). Nantinya, mereka diberitahukan jalur-jalur mana saya yang boleh dilintasi.

“Senang Mas. Alhamdulillah. Akhirnya setelah puluhan tahun kalau narik dikejar-kejar Satpol PP, dan sekarang jamannya Pak Gubernur Anies kita bisa cari makan dengan tenang,” ucap Parmo, 55, pengayuh becak di kawasan Pejagalan.

Adapun nantinya jalur-jalur mana saja yang boleh dilewati, pria asal Tegal, Jawa Tengah, tersebut mengaku tidak mempermasalahkan dan akan mengikuti aturan. “Pokokenya tidak masalah, kita ikut saja. Yang penting boleh narik, itu saja,” ungkapnya.

pendataan becak

Pendataan becak di kawasan Pejagalan, tersebut dilakukan petugas gabungan dari kelurahan dan dishub di halaman kantor Kelurahan Pejagalan. Becak-becak yang telah didata tersebut, pun kemudian ditempeli sticker dengan logo DKI Jakarta.

Lurah Pejagalan, Yogara Fernandes, mengatakan kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut atas arahan Gubernur DKI, Anies Baswedan untuk mengatur operasional becak. “Kita juga ikut menjelaskan agar mereka beroperasi hanya di jalan pemukiman, tidak boleh di jalan besar,” jelasnya.

sejumlah becak yang beroperasi di kawasan Pejagalan, Jakut

Dikatakan Yogara, hingga pukul 17:00 sekitar 240 becak yang beroperasi di wilayahnya tersebut terdata. Mereka berasal dari luar daerah seperti Tegal, Cirebon dan Indramayu. “Namun mereka sudah sudah lama di Jakatra, begitu pun dengan pekerjaan yang dilakukannya sebagai penarik becak,” katanya.

Sebelumnya, Gubernur Anies berencana menata keberadaan becak di Jakarta. Menurut Anies, becak masih menjadi kendaraan yang dibutuhkan warga ibu kota. Anies akan membuat jalur khusus dan berjanji tidak akan mengizinkan becak masuk jalur protokol.

“Kami akan atur agar kebutuhan warga akan transportasi difasilitasi. Becak tidak akan ada kalau tidak ada kebutuhan atas becak. Untuk itu, angkutan baru akan kami segerakan, bagian ini agar becak dapat beroperasi di rute yang ditentukan,” ucap Anies, beberapa waktu lalu.

 

 

Baca juga : Posting Foto Jokowi dengan Becak, Diduga Anies Bunuh Karakter Jokowi

 

 

Sumber berita Didata dan Dipasang Stiker, Ratusan Penarik Becak Merasa Senang : poskotanews.com