Dituduh Soal Sandiwara, Begini Penjelasan Ilyas Pria Berlumpur

Dituduh Soal Sandiwara, Begini Penjelasan Ilyas Pria Berlumpur

Dituduh Soal Sandiwara, Begini Penjelasan Ilyas Pria Berlumpur

Pertemuan cawapres Sandiaga Uno dengan korban banjir di Makassar, Sulsel berujung pada tudingan sandiwara karena korban banjir itu hanya tampak berlumuran lumpur di bagian depan tubuhnya. Pria berlumpur itu akhirnya buka suara.

Momen pertemuan Sandiaga dan pria berlumpur itu terjadi pada Sabtu (26/1/2019) lalu. Dalam sebuah foto, bagian depan tubuh pria itu tampak dipenuhi lumpur kecoklatan. Tudingan sandiwara kemudian muncul saat ada foto lainnya yang memperlihatkan bagian belakang tubuh pria itu bersih

Pria berlumpur yang bertemu Sandiaga itu bernama Ilyas Daeng Ila (54). Saat ditemui di rumahnya di Jalan Malengkeri Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Ilyas menceritakan soal alasan hanya bagian depan tubuhnya yang belepotan lumpur hingga janji Sandiaga kepadanya.

Tepis Sandiwara Uno II, Ilyas Ungkap Penyebab Lumpur Hanya di Badan Depan
Ilyas Daeng Ila (detikcom)

Berikut penuturan Ilyas selengkapnya:

1. Ilyas ungkap penyebab lumpur hanya di badan depan

Ilyas membenarkan bahwa dia adalah pria berlumpur yang bertemu Sandiaga. Rumah Ilyas berjarak 10 meter dari pinggir Sungai Jeneberang, Kabupaten Gowa, yang sempat meluap sepekan lalu. Rumah Ilyas belum lama ini terkena banjir dan kemasukan lumpur.

Di hari pertemuan dengan Sandiaga, Ilyas mengaku sedang berada di dalam rumahnya untuk membersihkan lumpur yang masuk. Lokasi yang dibersihkannya adalah lumpur yang mengendap di bawah kasur dan kursinya. Untuk membersihkan itu, kata Ilyas, dia harus dalam posisi tengkurap sehingga badan bagian depan terkena lumpur.

“Hari Sabtu saya dengar ada bos (Sandi) dari Jakarta. Saat itu saya menyapu di bawah tempat tidur dan meja. Di bawah meja saya baring ke depan menyapu. Jadi ini badanku depan penuh lumpur belakang tidak,” kata dia.

“Jadi saya tidak alasan (bohong), karena memang rumahku begitu,” sambungnya.

Ilyas 'Pria Berlumpur' Bicara di Tengah Tuduhan Sandiwara
Foto: Kondisi kediaman Ilyas Daeng Ila (Muhammad Taufiqqurahman/detikcom)

2. Ilyas bantah pertemuan dengan Sandiaga settingan

Saat mendengar kedatangan Sandi, pria yang memiliki lima orang anak ini kemudian berjalan menuju jalan besar dan berdiri untuk melihat Sandiaga Uno lebih dekat. Tidak disangka, lanjut Ilyas, dia dipanggil ke depan untuk berbicara sama Sandiaga.

“Dia bilang (tanya) siapa namanya? Saya bilang Ilyas Daeng Ila, dia tanya di mana tinggal? Saya jawab di bawah tanggul. Lalu saya bilang naik air ke rumah saya,” kata Ilyas mengulang percakapannya dengan Sandiaga.

Dia menepis tuduhan bahwa dirinya sengaja memoleskan lumpur ke badannya. Ketika berbincang dengan Sandiaga, Ilyas juga sempat ditanya soal lumpur di badannya.

“Dia bilang, ‘Kenapa penuh lumpur, Pak?’ Kan saya bersihkan di bawah lumpur, kan di bawah tempat tidur membersihkan. Jadi di belakang tidak penuh. Orang bilang (sebut) saya kasih lumpur badanku. Padahal tidak, saya sedang membersihkan rumah,” ucapnya.

“Tidak (setting-an), memang saya membersihkan rumah. Mana mau saya penuh lumpur naik, itu tidak sengaja,” tegas Ilyas.

Ilyas 'Pria Berlumpur' Bicara di Tengah Tuduhan Sandiwara
Foto: Ilyas Daeng Ila (Muhammad Taufiqqurahman/detikcom)

3. Dijanjikan bantuan oleh Sandiaga

Ilyas mengaku senang bertemu dengan cawapres Sandiaga Uno. Dia mengaku sempat dijanjikan bantuan oleh Sandiaga meski bantuan tersebut belum kunjung datang.

“Saya dijanjikan bantuan,” kata Ilyas kepada detikcom.

 

Baca juga: FOTO PRIA BERLUMPUR SAAT SANDIAGA KAMPANYE, PDIP: SANDIWARA UNO JILID 2

 

Sumber Berita Dituduh Soal Sandiwara, Begini Penjelasan Ilyas Pria Berlumpur: Detik.com