Jokowi: Kabar dan Isu di Media Sosial Jangan Dimakan Mentah-mentah

Jokowi: Kabar dan Isu di Media Sosial Jangan Dimakan Mentah-mentah

Jokowi: Kabar dan Isu di Media Sosial Jangan Dimakan Mentah-mentah

Maraknya berita bohong yang menyebar lewat media sosial tampaknya masih menjadi perhatian pemerintah. Presiden Joko Widodo pun kembali menyingungnya dalam kunjunganya.

Kali ini, Jokowi meminta masyarakat menyeleksi kabar yang beredar di dunia maya saat berkunjung ke Pondok Pesantren Al Karimiyyah, Sumenep, Jawa Timur. “Saya minta kita semua ingatkan teman, tetangga kampung, kalau ada isu terutama di media sosial itu jangan dimakan mentah-mentah. Jangan baca langsung emosi padahal itu tulisan tidak jelas siapa yang buat karena akun palsu itu banyak sekali,” kata Jokowi, Minggu (9/10) seperti yang ditulis dalam rilis Sekretariat Presiden.

Jokowi juga menyampaikan bahaya hoax yang belum banyak disadari masyarakat Indonesia. Satu di antaranya adalah menimbulkan perpecahan.

Salah satu contoh perpecahan yang berakibat fatal, ujar Jokowi , terjadi di Afgahnistan. “Pengalaman yang terjadi di Afghanistan sulit lagi dipersatukan. Sehingga kalau ada sengketa segera dirukunkan,” sebutnya.

Meski beberapa kali terjadi gesekan antar masyarakat yang berawal dari perbedaan pendapat, Jokowi mengatakan, negara lain masih kagum dengan Indonesia. Apalagi, sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia bisa bersatu dalam perbedaan etnis dan budaya.

https://youtu.be/vbTRPUnfRMA

 

 

Baca juga : Jokowi Akan Seleksi Santri Berprestasi dan Beri Beasiswa di Sumenep

 

 

Sumber berita Jokowi: Kabar dan Isu di Media Sosial Jangan Dimakan Mentah-mentah : kumparan